Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dies Natalis Perdana Pasca-PTN BH, UT Komitmen Berkolaborasi Hadirkan Pendidikan Tinggi untuk Semua

Kompas.com - 04/09/2023, 19:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) menggelar puncak dies natalis ke-39 pada 4 September 2023 di UT Convention Center, Tangerang Selatan. Tahun ini dies natalis UT mengangkat tema “Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju”.

Dalam dies natalis perdana pascaperubahan status UT menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH), Rektor UT Prof. Ojat Darojat menegaskan komitmen UT untuk membangun kolaborasi mewujudkan akses pendidikan tinggi untuk semua kalangan.

"Ini merupakan momentum bagi UT untuk mengembangkan jati dirinya sesuai mandat dan visi misi yang diberikan Pemerintah kepada UT yang kini dapat merespons dengan status PTN BH setiap kebutuhan dari masyarakat," ungkap Prof. Ojat.

Pada kesempatan ini, Prof Ojat Darojat juga menyampaikan, dengan status PTN BH UT menjadi lebih fleksibel dalam membangun kerja sama dengan banyak pihak.

"Kolaborasi kita tingkatkan lagi karena UT dapat lebih banyak berkontribusi bagi bangsa karena (jangkauan) UT sangat luas di seluruh Nusantara bahkan di luar negeri. UT tidak bisa bekerja sendiri," ungkap Prof Ojat yang pada kesempatan dies natalis ke-39 UT meluncurkan buku biografinya dengan Judul “Berbekal Doa Emak”.

"Kita harus tumbuh dan berkembang bersama yang lain. Jadi kuncinya adalah network atau kolaborasi. Dan itu yang selalu menjadi komitmen kita," tegas Rektor UT lagi.

Mengusung tema “Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju”, Prof. Ojat juga menjawab tantangan Mendikbud Nadiem Makarim untuk membangun budaya baru dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi ceruk pasar yang lebih spesifik (niche market).

"Untuk bottom, saat ini mahasiswa UT sudah mencapai 40 ribu lebih mahasiswa, kita ingin membangun lagi program studi yang dibutuhkan berbagai industri yang memang pilihan," jelasnya.

Seluruh jajaran rektorat, para rektor UT terdahulu, dan sivitas akademika UT mengenakan pakaian adat dalam memperingati HUT ke-39 UT dengan membawa pesan khusus.

Baca juga: Dies Natalis Ke-47, UNS Beri Penghargaan kepada Direktur Pelindo

"UT selama ini merupakan satu-satunya PTN yang melayani Anak Bangsa dari Sabang sampai Merauke, di seluruh Nusantara. Kita berharap supaya ke depan di setiap suku bangsa yang ada di Tanah Air ini mereka benar-benar terjangkau pendidikan tinggi," tegas Prof. Ojat.

"Ini semangat dan pesan yang ingin kita sampaikan kepada mereka, bahwa UT ke depan harus menghadirkan pendidikan di mana pun mereka tinggal sesuai visi UT menghadirkan akses pendidikan tinggi bagi semua atau higher education for all," pungkasnya. 

Rangkaian kegiatan dies natalis UT

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com