Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amartha Luncurkan Beasiswa STEAM Fellowship 2023 bagi Mahasiswa S1

Kompas.com - 08/09/2023, 09:07 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Amartha Foundation (amartha.org) meluncurkan STEAM Fellowship 2023. Beasiswa ini akan diberikan untuk mahasiswa sarjana atau S1 yang memilih jurusan di bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics).

Program STEAM fellowship merupakan bagian dari beasiswa Amartha Cendekia. Di mana awalnya beasiswa Amartha Cendekia hanya ditujukan untuk siswa-siswi SMA/sederajat.

Dalam menjalankan program STEAM Fellowship 2023, Amartha menggandeng empat universitas ternama yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: Beasiswa S1 Amartha Cendekia Disalurkan, Bantuan Dana Rp 22 Juta Per Tahun

Aria Widyanto selaku Chief Risk Officer Amartha menjelaskan bahwa terjadi ketimpangan akses pendidikan pada perempuan di Indonesia khususnya di bidang STEAM ini.

“Fokus beasiswa ini diberikan untuk perempuan karena Amartha melihat perlu adanya dorongan supaya mereka bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi terutama di bidang sains, teknologi, matematika, dan seni,” kata Aria dalam acara Penganugerahan Beasiswa Amartha Cendekia yang digelar di Habitate Jakarta pada Rabu (6/9).

Program ini menargetkan 40 mahasiswi terpilih yang akan memulai pembelajaran pada semester yang akan mendatang.

Bagi mahasiswa yang terpilih dalam program STEAM Fellowship akan mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar Rp 22 juta per tahun. Selain bantuan dana pendidikan, mahasiswa juga akan mendapatkan pendampingan dari mentor untuk mengetahui apa saja minat, bakat, dan potensi yang ada pada diri mereka.

Baca juga: Cerita Apia, Kuliah S2-S3 Gratis di UGM lewat Beasiswa PMDSU

Aria menerangkan bahwa pendaftar dan kuota penerima beasiswa tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2022.

“Pada tahun 2022 atau batch 1 terdapat 30 pelajar yang terpilih dari 1.224 pendaftar dan tahun ini mengalami peningkatan kuota sehingga terpilih 150 pelajar dari 5.167 pendaftar,” tutupnya.

Salah satu penerima Beasiswa Amartha Cendekia batch 1, Nabella Yunita Sari yang saat ini menempuh pendidikan S1 di Universitas Airlangga turut hadir dalam acara ini. Ia menuturkan bahwa beasiswa ini membuatnya bisa melanjutkan studi dan mendapatkan pengalaman baru.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada amarta karena bimbingan-bimbingan yang telah diberikan kepada saya dan akhirnya saya bisa mengetahui minat dan bakat saya. Sehingga saya memutuskan memilih program studi teknologi sains data di Universitas Airlangga,” kata Nabela.

Baca juga: Kisah Anak Petani dari Magetan Gapai Beasiswa S1-S3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com