Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja dan Gaji Besar

Kompas.com - 13/09/2023, 10:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang tahun depan mau kulih, tentu mencari jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan gaji besar saat bekerja.

Biasanya jurusan kuliah yang mudah dapat kerja menyediakan lulusan yang berkompeten, punya skill dan benar-benar dibutuhkan oleh industri kerja.

Jika kamu punya kompetensi dan keterampilan yang benar-benar dibutuhkan, pihak perusahaan pun tak segan untuk memberimu gaji besar.

Lantas apa saja jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan gaji besar?

Dilansir dari laman SMB Telkom University, Rabu (13/9/2023) berikut jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan juga menawarkan gaji besar.

Deretan jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan gaji besar ini bisa dijadikan referensi untuk memilih jurusan kuliah saat mendaftar perguruan tinggi tahun depan.

Baca juga: Siswi SMA/SMK Bisa Jadi Tentara, Ini Persyaratan Daftar Kowad

Jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan gaji besar

1. Teknik Komputer

Di era serba canggih seperti sekarang ini, lulusan Teknik Komputer menjadi salah satu jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan gaji besar.

Apalagi di masa depan, dunia IT tidak akan pernah mati. Ada berbagai sektor industri kerja yang membutuhkan teknisi berkompeten di bidang komputer.

Besar kemungkinan kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan Teknik Komputer juga makin banyak. Tidak heran jika Teknik Komputer menjadi salah satu jurusan yang bisa mendapatkan gaji besar.

Untuk fresh graduate, lulusan Teknik Komputer bisa mendapatkan rentang gaji antara Rp 3 juta sampai Rp 8 jutaan per bulan. Bahkan makin tinggi posisi jabatan dan makin banyak pengalaman kerja, potensi kenaikan gajimu akan makin besar.

Menurut CNBC Make It, sebuah studi dari Federal Reserve (The Fed) New York, gaji lulusan Teknik Komputer bisa mencapai Rp 1,1 miliar per tahun.

2. Teknik Telekomunikasi

Selain komputer, jurusan yang berkaitan dengan teknik telekomunikasi juga memiliki peluang kerja dan gaji yang tinggi.

Kisaran penghasilan untuk profesi Ahli Teknik Telekomunikasi bisa berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 18 juta per bulan.

3. Teknik Elektro

Masih menurut studi CNBC Make It, jurusan Teknik Elektro juga termasuk jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan gaji besar. Penghasilan rata-rata per tahun untuk lulusan Teknik Elektro bisa mencapai Rp 1 miliar.

Ada beberapa profesi yang bisa kamu geluti setelah lulus dari jurusan ini. Mulai dari perusahaan swasta, BUMN hingga di bidang pertambangan dan telekomunikasi. Gaji yang bisa kamu dapatkan berkisar antara Rp 5 juta sampai puluhan juta rupiah.

Baca juga: Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akmil atau Akpol?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com