Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remedy, Aplikasi Terapi bagi Korban Bullying Karya Mahasiswa Unair

Kompas.com - 14/09/2023, 13:45 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Sumber UNAIR News

KOMPAS.com - Penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI bersama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF), menyatakan 2 dari 3 remaja di usia 13-17 tahun pernah mendapat satu jenis kekerasan, salah satunya perundungan atau bullying.

Padahal, bullying dapat berdampak serius bagi perkembangan seorang remaja, seperti gangguan kesehatan mental hingga berdampak buruk bagi prestasi akademik.

Baca juga: Yayasan Pendidikan Pelita Harapan Luncurkan 2 Klinik Kesehatan Mental

Sayangnya, pada kebanyakan kasus, remaja korban bullying tidak mencari bantuan atau melaporkan perundungan yang mereka alami sehingga kondisi mental dan psikis mereka semakin memburuk.

Dilatarbelakangi permasalahan itu, tim PKM mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) menciptakan sebuah aplikasi berbasis web yang untuk pemulihan kesehatan mental remaja korban bullying, bernama REMEDY (Remaja Merdeka Bullying).

Aplikasi ini juga memberikan fasilitas perkembangan pasca trauma dan mempertemukan para korban bullying dengan psikolog secara mandiri.

Baca juga: Riset Save The Children di 2 Provinsi: 1.187 Anak Alami Perundungan

Tim mahasiswa yang terdiri dari Anastasia, Akiraka Vijnanamaya, Nadhira Alifa Yusran, Hanna Azfa Sadida dari Fakultas Psikologi (FPsi) dan Adam Maurizio Winata dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) ini berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek berkat inovasinya ini.

Pendanaan ini diterima melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) tahun 2023.

Beri pemulihan dengan pendekatan psikososial berbasis AI

Menurut Anastasia, ketua dari tim PKM ini, aplikasi REMEDY memberikan terapi tanpa obat-obatan dan menekankan pendekatan intervensi psikososial.

Aspek psikologisnya diwujudkan melalui dua fitur, Katalog Psikolog untuk mencari psikolog terdekat dan Sehat Pikiran meliputi aktivitas terapeutik seperti Musik dan relaksasi otot, jurnal harian, meditasi untuk mindfulness, dan menggambar doodle.

Baca juga: Sosiolog UGM: Anak Muda Rentan Terkena Gangguan Kesehatan Mental

Lalu, aspek sosialnya ada pada fitur interaksi komunitas yang memungkinkan pengguna bertukar ide dengan pengguna lainnya. Juga mendapatkan pendampingan fasilitator untuk dukungan sosial serta emosional.

“Tidak hanya itu, individu yang tidak mengalami trauma akibat bullying juga bisa menggunakan aplikasi ini melalui fitur ‘Pemulihan’. Fitur ini berisi kegiatan-kegiatan untuk mengurangi stres dan memperbaiki kesehatan mental secara umum,” ucap Anastasia, yang dilansir dari laman Unair News, Selasa (12/09/2023).

Selanjutnya, Anastasia menjelaskan bahwa aplikasi ini juga menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) dan machine learning untuk menghasilkan treatment terbaik dengan meminimalisasi biaya.

Baca juga: Psikolog Jelaskan Ciri Anak Korban Bullying, Orangtua Harus Peka

Teknologi ini juga berperan dalam mengenali perubahan kondisi sebelum dan sesudah menerima treatment berdasarkan jawaban-jawaban pengguna.

Melalui REMEDY, tim mahasiswa ini berharap menjadi solusi perawatan yang fleksibel dan praktis bagi korban bullying. Lalu, juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi para ahli kesehatan jiwa.

“Tentunya, dengan inovasi ini kami juga berharap mahasiswa atau akademisi di Indonesia dapat mempertajam keterampilan serta terinspirasi untuk berinovasi dalam mengembangkan intervensi psikologis yang berintegrasi dengan kemajuan teknologi,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com