Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perpustakaan Modern yang Bisa Dikunjungi Siswa

Kompas.com - 20/09/2023, 07:59 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perpustakaan merupakan sumber ilmu karena terdapat berbagai macam buku. Dengan kehadiran teknologi dan internet, membuat ilmu juga mudah diakses melalui smartphone.

Namun perpustakaan juga terus melakukan inovasi agar tetap dikunjungi masyarakat. Di beberapa kota, ada beberapa perpustakaan modern yang menarik untuk dikunjungi para siswa.

Dilansir dari akun Instagram resmi Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (19/9/2023) memaparkan 5 perpustakaan modern yang menarik untuk dikunjungi para siswa.

Dengan berkunjung ke perpustakaan, selain mengisi waktu luang dengan hal positif juga bisa menambah wawasanmu dari buku-buku yang tersedia.

Baca juga: Mengenal Academic Burnout, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Perpustakaan modern yang bisa dikunjungi

Berikut informasi 5 perpustakaan modern yang bisa kamu kunjungi:

1. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan nomor 11 Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Perpusnas tidak hanya memiliki koleksi naskah teks, tapi juga punya koleksi berbentuk rekaman suara, monograf, sumber elektronik, bahan kartografis sampai dengan bentuk mikro.

2. Perpustakaan Jakarta

Salah satu perpustakaan yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi adalah Perpustakaan Umum Daerah Jakarta (Perpus Jakarta) yang berada di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat.

Perpustakaan ini kembali dibuka pada Juli 2022 setelah sebelumnya direstorasi oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan wajah barunya, Perpus Jakarta tidak hanya menawarkan koleksi buku yang menarik namun juga berbagai program menarik.

Baca juga: Ini 3 Alasan Memilih Jurusan Teknik Lingkungan, Prospek Kerja Cerah

3. Perpustakaan Kemendikbud

Perpustakaan Kemendikbud Ristek (Perpus Dikbud) juga memiliki koleksi yang tidak kalah lengkap dibanding perpustakaan yang lainnya.

Terdapat sekitar 200.000 koleksi dalam berbagai bentuk (buku, buku digital, audiovisual, majalah, koran, jurnal dan jurnal elektronik). Pengelolaan pelayanan Perpus Dikbud telah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan dengan Akreditasi A.

4. Perpustakaan Universitas Indonesia (UI)

Perpustakaan Universitas Indonesia sering kali menjadi destinasi bagi para pencari informasi karena punya sekitar 1,5 juta koleksi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com