Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sumbu Kosmologis Yogyakarta yang Jadi Warisan Budaya Dunia

Kompas.com - 20/09/2023, 15:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sumbu Kosmologis di Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Penetapan ini diumumkan pada pertemuan Komite Warisan Dunia (World Heritage Committee/WHC) Unesco ke-45, pada 18 September 2023 di Riyadh, Saudi Arabia.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas juga 53 nominasi yang terdiri dari kategori budaya, alam, dan campuran.

Baca juga: Dua Bank BUMN Buka Beasiswa S1, Bantuan Biaya Kuliah dan Uang Saku

Duta Besar dan Wakil Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, Ismunandar mengatakan hal ini merupakan kabar yang bagus.

"Alhamdulillah sidang agenda Yogya berlangsung lancar. Hasil evaluasi dari Tim Ahli UNESCO merekomendasikan baik nominasi Indonesia, dan sidang Komite Warisan Dunia UNESCO secara aklamasi merekomendasikan Sumbu Kosmologi Yogya diinskripsi," ujarnya, dilansir dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbud Ristek.

Sumbu Kosmologis Yogyakarta,  atau yang sering disebut sumbu filosofis Yogyakarta dan Penanda Bersejarahnya menjadi warisan dunia Unesco ke-6 di Indonesia pada kategori budaya.

Sebelumnya, UNESCO telah menetapkan 5 warisan budaya Indonesia. Antara lain Kompleks Candi Borobudur dan Kompleks Candi Prambanan pada tahun 1991. Lalu Situs Prasejarah Sangiran pada tahun 1996, Sistem Subak sebagai Manifestasi Filosofi Tri Hita Karana pada tahun 2012, dan Tambang Batubara Ombilin, Sawahlunto pada tahun 2019 lalu.

Apa itu Sumbu Kosmologis Yogyakarta?

Sumbu Kosmologis Yogyakarta merupakan sumbu imajiner yang terbentang sepanjang 6 KM dari utara ke selatan.

Baca juga: Jadwal Libur Nasional dan Libur Sekolah 2024 buat Siswa SD-SMA

Sumbu filosofis ini meliputi kompleks Keraton, sejumlah bangunan bersejarah, dan monumen yang menjadi simbol pertukaran antara sistem kepercayaan dan nilai.

Sumbu Filosofi Yogyakarta adalah sumbu imajiner berbentuk garis lurus yang ditarik dari Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, dan Tugu Pal Putih atau Tugu Yogyakarta.

Dikutip dari laman Kemendikbud, Sumbu Filosofi berkaitan erat dengan pembangunan Yogyakarta yang dirancang Sultan Hamengkubuwono I menggunakan landasan filosofi sangat tinggi.

Secara simbolis filosofis poros imajiner ini juga melambangkan keselarasan dan keseimbangan
hubungan manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia maupun manusia dengan alam. 

Sementara penetapan Sumbu Kosmologis Yogyakarta berdasarkan pada pemenuhan kriteria-kriteria UNESCO.

Terutama kriteria II yang menunjukkan adanya pertukaran nilai dan gagasan penting antara berbagai sistem kepercayaan seperti animisme, Hindu, Buddha, Islam Sufi, dan pengaruh dari Barat.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Jepang 2024: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

Di samping itu, juga dianggap memenuhi kriteria III di mana Sumbu Filosofi Yogyakarta memberikan kesaksian yang luar biasa terhadap peradaban Jawa dan tradisi budaya yang hidup setelah abad ke-18.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com