Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Sukses di Dunia Kerja, Generasi Muda Perlu Kuasai Literasi Keuangan

Kompas.com - 21/09/2023, 08:42 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk bisa sukses menjalani dunia kerja, lulusan ternyata tidak cukup hanya bermodal skill, namun juga harus pintar mengatur pendapatan atau gaji.

Hal tersebut dipaparkan Direktur Program Talenta Nusantara, Adrianus Yose Rino. Ia menuturkan bahwa di era digital, baik skill maupun literasi keuangan menjadi hal penting yang perlu dikuasai para lulusan baru.

Pasalnya, menurutnya saat ini sudah banyak siswa maupun lulusan SMK yang sudah magang dan bekerja namun cenderung boros setelah menerima gaji.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2023 Lulusan SMA-SMK, D3-S1 di 39 Wilayah

Karena itu, lanjut dia, Talenta nusantara yang sebelumnya hanya mempertemukan antara dunia industri dan pekerja khususnya siswa dan lulusan SMK, kini berkolaborasi dengan Blu by BCA Digital guna mendorong literasi finansial.

“Mereka ketika sudah magang, pasti ada uang saku ketika uang saku itu setiap bulan di dapatkan dan mereka diwajibkan untuk membuka rekening dan harus daftar ke bank,” ujarnya.

Lanny Budiati selaku direktur utama BCA digital menuturkan bahwa kolaborasi antara blu by BCA Digital dengan Talenta nusantara yang menghadirkan Blu Union merupakan salah satu komitmen Blu untuk membangun ekosistem digital di Indonesia, termasuk di bidang pendidikan.

“Komitmen dari Blu adalah terus membangun ekosistem digital bagi Indonesia termasuk juga di ranah pendidikan,” kata Lanny di Gowork, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).

Ia menuturkan generasi muda diharapkan tidak hanya memiliki skill yang dubutuhkan dunia industri tetapi juga melek dalam mengatur keuangan.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 ke Taiwan, Beri Biaya Kuliah dan Tunjangan Bulanan

“Tujuan kolaborasi ini untuk menghasilkan generasi muda yang bertalenta dan siap pakai di dunia kerja dan juga pintar secara finansial,” ujar Lanny.

Ia menjelaskan kolaborasi ini dapat membantu siswa SMK dalam mengatur keuangannya dan blu dapat menjadi solusi yang tepat.

“Dengan adanya Blu ini, anak-anak yang sudah magang pemberian uang sakunya sudah melalui blu dari mitra-mitra industri kami. Jadi, mereka tidak perlu datang ke bank untuk membuka rekening, mereka tinggal klik Blu di aplikasi talenta nusantara. Mereka tinggal verifikasi secara online dan mengapa kami percaya dengan blu, karena kami percaya blu mau mendampingi anak-anak SMK di Indonesia untuk melek finansial,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com