Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Jurusan Teknologi Pangan dan Ilmu Gizi, Intip Prospek Kerjanya

Kompas.com - 21/09/2023, 11:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kamu yang tertarik pada pengelolaan bahan makanan, kamu dapat mengambil jurusan ilmu gizi atau teknologi pangan. Kedua jurusan tersebut sering dianggap sama, padahal keduanya berbeda.

Salah satu persamaan dari kedua jurusan tersebut adalah sama-sama mempelajari segala aspek tentang makanan sehingga dapat menghasilkan produk-produk makanan yang aman untuk dikonsumsi. Berikut perbedaan jurusan ilmu gizi dan teknologi pangan:

1. Fokus

Jurusan Ilmu gizi berfokus pada penelitian terhadap komposisi kimia, mikrobiologi, dan struktur pada bahan makanan.

Sedangkan, jurusan teknologi pangan berfokus pada aplikasi pengembangan ilmu pangan dan bertujuan untuk memproduksi makanan dalam industri.

Baca juga: Prospek Kerja Ilmu Gizi dan Perguruan Tinggi Negeri Pilihannya

2. Peran

Ketika kamu mengambil jurusan ilmu gizi maka kamu akan diberikan ilmu dasar bagaimana cara untuk mengembangkan produk makanan.

Sementara itu, saat kamu memilih jurusan teknologi pangan kamu akan mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam meningkatkan efisiensi produksi makanan sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan dapat dikonsumsi.

3. Mata kuliah

Mata kuliah yang dipelajari pada jurusan ilmu gizi seperti ilmu bahan pangan, biokimia gizi, mikrobiologi pangan, metabolisme zat gizi, dan prinsip-prinsip ilmu gizi.

Sedangkan mata kuliah yang dipelajari di jurusan teknologi pangan meliputi sistem jaminan halal, teknologi pengemasan, teknologi fermentasi, dan teknologi rasa.

Baca juga: Ini 5 Alasan Jurusan Teknologi Pangan Jadi Pilihan Populer Tahun Ini

4. Prospek kerja

Jika kamu lulusan ilmu gizi, maka prospek kerjanya menjadi ahli gizi di sebuah perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman atau menjadi staf gizi di rumah sakit.

Sementara itu, jika kamu lulusan teknologi pangan, prospek kerja kamu adalah menjadi quality control, quality manager di perusahaan yang mengolah makanan.

Jika kamu tertarik mengambil jurusan ilmu gizi dan teknologi pangan di luar negeri, kamu bisa memilih beberapa kampus seperti di Taylor’s University Malaysia, University of British Columbia, University of Melbourne, University of Sydney, dan The University of Nottingham.

Tetapi, banyak juga kampus di Indonesia yang sudah memiliki jurusan ilmu gizi dan teknologi pangan seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pelita Harapan, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Binus University.

Baca juga: 18 Beasiswa S1-S3 di Asia, Tawarkan Kuliah Gratis hingga Tunjangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com