Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

50 Lembaga PAUD di Jakarta dan Kepulauan Seribu Ikut Manasik Haji di JIC

Kompas.com - 30/09/2023, 20:48 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 1.093 peserta dari 50 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu mengikuti kegiatan Manasik Haji di Jakarta Islamic Centre (JIC), Sabtu (30/9/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengenalkan ibadah haji yang merupakan bagian dari rukun Islam yang kelima.

“Kegiatan manasik haji bagi anak usia dini dapatmemberikan kesan mendalam bagi jiwa dan alam bawah sadar anak sehingga dapat membentuk karakter patuh dan tunduk kepada nilai-nilai keagamaan,” ujar Kepala Sub Divisi Pembinaan Remaja dan Anak Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ), Fathi Ihsan, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Fathi melanjutkan, kepatuhan terhadap nilai-nilai keagamaan yang ditumbuhkan pada anak usia dini dapat mendorong mereka kelak untuk tetap mendekatkan diri kepada Tuhan.

Adapun saat menjalankan manasik haji, peserta menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di Mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji.

“Beberapa tahapan yang dilaksanakan oleh anak-anak di antaranya tawaf, yakni mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, kemudian melaksanakan Sa’i dengan berlari-lari kecil bolak-balik tujuh kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya, lalu melontar atau melempar jumrah,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Kepala PPIJ, Dr KH Didi Supandi, MA, mendukung penuh kegiatan Manasik Haji yang diselenggarakan di Convention Hall dan Gedung Sosial Budaya JIC tersebut.

“PPIJ mendukung penuh kegiatan manasik haji anak-anak se-Jakarta sebagai wujud kepedulian PPIJ dalam pendidikan anak-anak menuju generasi emas Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan terebut juga merupakan bagian dari upaya mencerdaskan bangsa.

“(Ini) karena dalam pembangunan manusia seutuhnya itu, tidak hanya pada aspek jasmani, tetapi juga aspek spiritual,” jelasnya.

Sebagai informasi, kegiatan manasik haji untuk anak usia dini tersebut dihadiri oleh para pengurus Pusat PPIJ, di antaranya Kepala Sub Divisi Dakwah PPIJ KH Mastur Anwar, Koordinator Birena PPIJ Toni Fathoni, Kepala Sub Divisi Peribadatan PPIJ Aep Saefullah.

Ada pula Kepala Sub Divisi Penerbitan PPIJ Farid Broto, Kepala Sub Divisi Tata Usaha PPIJ Taufik, Kepala Sub Divisi Seni Budaya PPIJ Arif Syukur, dan Kepala Sub Divisi Perpustakaan PPIJ Niswati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com