Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jurusan Langka yang Hanya Ada di Universitas Indonesia

Kompas.com - 14/10/2023, 10:57 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa ada beberapa jurusan langka yang hanya ada di Universitas Indonesia (UI).

Meski terbilang langka, jurusan di UI ini tetap ada peminat tiap tahunnya. Apa saja jurusan langka yang hanya ada di Universitas Indonesia? Simak informasi ini sampai selesai.

Jurusan langka yang hanya ada di Universitas Indonesia ini bisa dijadikan referensi untuk memilih jurusan saat mendaftar di perguruan tinggi tahun depan.

Baca juga: 9 Alasan Pilih Jurusan DKV, Calon Mahasiswa Cek

Jurusan langka yang hanya ada di Universitas Indonesia

1. Sastra Belanda

Jurusan Sastra Belanda hanya ada di Universitas Indonesia. Siswa yang memilih Jurusan Sastra Belanda akan mempelajari tata bahasa Belanda, komposisi, pemahaman teks dan kesastraan Belanda.

Jurusan Sastra Belanda UI menghasilkan lulusan handal yang memiliki keahlian di bidang bahasa, ilmu bahasa, sastra, dan kebudayaan Belanda yang bertanggung jawab, berpikir kritis, peka, dan kreatif, serta mudah beradaptasi sebagai bagian masyarakat digital yang bermartabat dan berbudaya.

Selain itu juga menghasilkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang bahasa, ilmu bahasa, sastra, dan kebudayaan Belanda yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.

2. Arsitektur Interior

Program Studi Arsitektur Interior juga menjadi bagian langka yang hanya di Universitas Indonesia. 

Jurusan ini menekankan pada perancangan aspek interioritas pada arsitektur. Dengan dibukanya program studi Arsitektur Interior di UI ini, membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami bidang Arsitektur Interior yang merupakan satu kesatuan dengan ilmu arsitektur.

Selain meniti karier di bidang arsitektur, para lulusan juga dapat mengembangkan karier sebagai arsitek interior dalam perancangan interior bangunan perumahan, bangunan komersial, rumah sakit dan juga interior bangunan umum lainnya.

3. Bisnis Islam

Program Studi Bisnis Islam kamu akan belajar bagaimana merencanakan, menganalisa, dan membuat keputusan dalam bisnis dan keuangan secara halal dan berlandaskan syariat agama Islam.

Lulusan Bisnis Islam memiliki landasan pengetahuan dasar disertai dengan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, etika dan tanggung jawab sosial yang tinggi serta kemampuan riset yang baik, sehingga mampu berkompetisi dalam industri halal global sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Baca juga: Jadwal dan Syarat PPDB 2024 SMA Stella Duce 1, Sekolah Khusus Putri di Yogya

Demikian 3 jurusan langka yang hanya ada di Universitas Indonesia. Calon mahasiswa yang mengincar Universitas Indonesia bisa menjadikan 3 jurusan kuliah ini sebagai referensinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com