Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Menulis "Motivation Letter" untuk Daftar Beasiswa

Kompas.com - 19/10/2023, 17:30 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Motivation letter atau surat motivasi merupakan syarat yang harus dipenuhi ketika mendaftar beasiswa termasuk beasiswa ke luar negeri.

Umumnya, surat motivasi berisikan alasan dan motivasi kamu untuk melanjutkan studi dan jurusan yang telah kamu pilih.

Tetapi, dalam penulisannya harus teliti dan merangkum semua hal yang berkaitan dengan alasanmu mendaftar beasiswa tersebut. 

Baca juga: Beasiswa S2 ke Swiss Segera Dibuka, Tawarkan Uang Saku Rp 209 Juta

Langkah-Langkah Menulis Motivation Letter

1. Jelaskan tentang diri kamu

Jelaskan dengan singkat tentang diri kamu, nama kamu siapa, asal, apa motivasi melamar beasiswa, apa saja kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Tuliskan semua ini dengan jujur dan singkat.

Baca juga: 6 Negara Ini Punya Banyak Pilihan Beasiswa untuk Mahasiswa

2. Latar belakang pendidikan

Jelaskan latar belakang pendidikan kamu, hal ini dapat berpengaruh terhadap penilaian pihak beasiswa kepada kamu. Misalnya, kamu pernah berkuliah di jurusan teknik dan ingin melanjutkan studi pada jurusan ilmu komputer. Jelaskan juga alasan kamu mengapa mengambil program studi tersebut.

3. Prestasi

Jabarkan prestasi atau hal-hal apa saja yang pernah kamu lakukan, misalnya saat berkuliah kamu pernah membuat projek atau penelitian dan berikan contoh konkret apa hasilnya.

Selain itu, kamu juga bisa menceritakan penghargaan apa yang telah kamu raih. Misalnya, menang dalam kompetisi robot dan mendapatkan medali emas.

Baca juga: Cerita Yudha 118 Kali Gagal Raih Beasiswa, Akhirnya Lolos LPDP ke Luar Negeri

4. Kontribusi

Kamu juga dapat menjelaskan apa kontribusi yang akan kamu lakukan setelah diterima pada beasiswa tersebut. Misalnya, kamu akan menciptakan sebuah produk yang memiliki dampak terhadap masyarakat luas.

Sampaikan rencana kontribusimu ini dengan singkat dan jelas. Tidak perlu bertele-tele tetapi dapat dipahami dengan mudah.

5. Review

Setelah selesai menulis, kamu dapat mengecek kembali apakah ada hal-hal yang harus dijelaskan lagi atau tidak. Kemudian, cek juga apakah yang kamu ceritakan sudah sesuai dan pastikan menggunakan bahasa inggris yang baik.

Terakhir, jangan sampai ada kesalahan penulisan atau typo. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi penilaian diri kamu.

Baca juga: Sekolah Elyon Christian Buka Program Dormitory Standar Internasional untuk Dukung Siswa Kuliah di Luar Negeri

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com