Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2023, 10:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa jenjang S1 kini bisa memilih mau buat skripsi atau tidak. Sebab, kini sudah ada aturan baru yang tidak mewajibkan skripsi sebagai syarat kelulusan.

Namun bagi yang tetap ingin membuat skripsi, maka harus tahu cara membuat judul skripsi yang tepat, serta apa yang harus dihindari.

Dilansir dari laman Universitas Islam An Nur Lampung, ada beberapa cara dalam membuat judul skripsi, yang harus diketahui oleh mahasiswa.

Salah satunya dengan mencari ide dari berbagai literatur. Bahkan ide-ide itu bisa didapat dari internet.

Baca juga: 5 Alternatif Tugas Akhir Pengganti Skripsi bagi Mahasiswa D4/S1

Mencari ide yang menarik

Kamu bisa membaca literatur terkait dengan topik yang akan diteliti. Dari sini, kamu dapat menemukan ide judul yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

Selain itu, diskusikan dengan dosen pembimbing atau teman. Mereka dapat memberikan masukan atau saran judul yang sesuai dengan topik yang akan diteliti.

Cari informasi terkait dengan topik yang akan diteliti melalui internet atau sumber lainnya. Dari sini, kamu dapat menemukan ide judul yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

Berpikir secara kreatif dan original. Coba untuk menemukan ide judul yang unik dan tidak terlalu banyak dibahas oleh peneliti lain.

Harus mastikan bahwa judul yang dipilih mudah dipahami, jelas, dan sesuai dengan topik yang akan diteliti.

Usahakan agar judul yang dipilih tidak terlalu panjang dan tidak terlalu singkat. Judul yang terlalu panjang atau terlalu singkat dapat menyulitkan pembaca untuk memahami maksud dari judul tersebut.

Baca juga: 4 Tips agar Lancar Presentasi, Mahasiswa Bisa Coba

Cara membuat judul skripsi

Kamu harus menentukan topik yang akan diteliti. Topik harus merupakan bidang yang sedang dibahas dan memiliki relevansi dengan bidang ilmu yang dipelajari.

Tentukan rumusan masalah yang akan diteliti. Rumusan masalah merupakan pertanyaan penelitian yang akan dijawab melalui penelitian ini.

Buat daftar kata kunci yang terkait dengan topik dan rumusan masalah yang akan diteliti. Kata kunci ini dapat digunakan sebagai dasar dalam membuat judul skripsi.

Gabungkan kata kunci yang telah dibuat menjadi sebuah judul yang jelas dan mudah dipahami.

Pastikan judul yang dibuat sesuai dengan topik dan rumusan masalah yang akan diteliti.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com