Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Dulu 5 Hal Ini Sebelum Pilih SMA atau SMK

Kompas.com - 25/10/2023, 11:53 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTA itu adalah hal yang wajib. Tapi, siswa harus bisa pilih SMA atau SMK.

Bagi siswa kelas IX atau 3 SMP/sederajat tentu harus bisa menentukan mau lanjut di SMA atau SMK. Keduanya ada kelebihan dan kekurangan.

Tapi, jangan sampai kamu hanya ikut-ikutan teman saja atau menuruti keinginan dari orangtua. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan juga minat dan bakat.

Jika kamu masih bingung, berikut ini penjelasan terkait SMA dan SMK untuk dipahami oleh siswa kelas IX. Informasi dilansir dari laman SMPN 3 Bukittinggi Sumatera Barat.

Baca juga: Pilih SMA atau SMK? Siswa SMP Pahami Dulu 4 Hal Ini

5 hal sebelum pilih SMA atau SMK

1. SMK kedepankan praktik

Jika kamu nanti memilih SMA, maka akan lebih banyak belajar teori. Praktik tetap ada, tapi sangat sedikit jika dibandingkan dengan SMK yang lebih fokus pada praktik dibanding teori.

Kalau kamu lebih suka praktik langsung dibanding belajar di kelas, SMK mungkin bisa jadi pilihan untuk pendidikan selanjutnya.

2. Jurusan SMK lebih kompleks

Tentu antara SMA atau SMK memiliki banyak perbedaan, salah satunya adalah jurusannya. Umumnya SMA terbagi menjadi tiga jurusan, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Bahasa.

Sedangkan pada SMK jurusannya sangat banyak dan beragam, bahkan setiap sekolah memiliki jurusan yang berbeda-beda.

Jika kamu memiliki keahlian dan ingin mengasahnya, SMK adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa belajar satu bidang itu dengan fokus dan terarah.

Seperti contoh jika kamu mahir memasak, jurusan Tata Boga adalah pilihan tepat. Tapi kalau tujuan kamu ke depannya ingin kuliah, SMA bisa jadi pilihan.

Baca juga: BATI 2024: Beasiswa SMA Gratis, Dapat Uang Saku dan Akomodasi

3. SMA ilmunya lebih luas

Di SMK, ilmunya terfokus pada jurusan yang dipilih, sedangkan ilmu lain hanya dasarnya saja. Sedangkan untuk SMA membahas ilmu yang lebih luas dan beragam.

Maka dari itu, lulusan SMA lebih condong melanjutkan ke perguruan tinggi, sedangkan SMK untuk dunia kerja dan usaha. Meski begitu, siswa SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Hanya saja pilihan jurusannya akan terbatas karena sejak SMK kamu sudah fokus pada satu jurusan.

Tapi itu bisa jadi sisi positif, dengan begitu kamu memiliki modal ilmu kebih banyak saat kuliah dibanding teman kamu yang lulusan SMA.

4. Bisa kerja jika lulus SMK

Salah satu kelebihan SMK ialah lulusannya bisa cepat dapat kerja. Sebab, sudah diberi skill dan praktik langsung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com