Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Raih Skor IELTS 7, Pelamar Beasiswa Bisa Coba

Kompas.com - 26/10/2023, 17:44 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - International English Language Testing System (IELTS) adalah ujian bahasa Inggris yang digunakan secara internasional untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi non-penutur asli bahasa Inggris.

Sertifikat tes ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat dokumen beasiswa ke luar negeri, khususnya ke Amerika Serikat, Inggris, serta Australia. Ada banyak beasiswa yang yang mensyaratkan minimum skor IELTS 6 atau 7.

Baca juga: Syarat Skor IELTS untuk Daftar 6 Beasiswa S1-S3, Deadline Akhir Tahun

Untuk meraih skor tersebut, memerlukan persiapan yang matang agar tidak gagal, terlebih biaya tes IELTS yang dikeluarkan dalam satu kali tes dibanderol mulai dari Rp 2,8 juta.

Melansir dari Instagram salah satu lembaga persiapan studi ke luar negeri, Kobi Education, Kamis (12/10/2023), berikut 4 tips raih skor IELTS di atas 7.

1. Memahami konsep dasar IELTS

IELTS dirancang untuk menilai kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris. Setiap komponen diberi nilai secara terpisah, dan skor total IELTS diberikan dalam rentang 0 hingga 9.

IELTS sendiri berbeda dengan tes bahasa Inggris pada umumnya, terdapat strategi tersendiri untuk menjawab soal-soal IELTS dengan tepat. Untuk itu kamu harus memahami konsep dasar dan strateginya.

Baca juga: Berapa Skor Minimal IELTS untuk Daftar Kampus Luar Negeri?

Misalnya, aspek dalam menulis dan berbicara bisa menggunakan teknik scanning, skimming, parafrase, dan teknik-teknik lainnya.

Jika kamu memahami konsep-konsep dasar ini, akan lebih mudah untuk kamu menemukan jawaban dari setiap soalnya tanpa menyita waktu yang lama.

2. Berlatih dengan konsisten

Apakah kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan "practice makes perfect?" Pepatah ini juga bisa diterapkan untuk mendapatkan skor IELTS di atas 7.

Jika kamu sudah memahami berbagai konsep dan strategi untuk menjawab soal IELTS, tentu langkah selanjutnya yaitu mempraktikan penggunaannya dengan menjawab soal.

Baca juga: 12 Beasiswa ke Luar Negeri Tanpa IELTS dan Tak Perlu Wawancara

Kamu bisa membuat jadwal rutin untuk berlatih mengisi soal-soal IELTS dari mulai aspek berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Rutinkan berlatih minimal 3 kali dalam seminggu untuk berlatih seolah kamu sedang mengikuti tes IELTS sungguhan dengan menggunakan pengingat waktu.

Terdapat beberapa sumber yang bisa menjadi bahan untuk berlatih mengerjakan soal IELTS:

  • Situs simulasi latihan ieltsonlinetests.com
  • Situs resmi IELTS: ielts.org
  • Cambridge IELTS Practice Tests jilid 1-18

3. Menonton film atau mendengarkan podcast bahasa Inggris

Kalau kamu merasa bosan untuk belajar secara formal secara terus menerus, kamu juga bisa untuk belajar IELTS dengan cara alternatif yang lebih santai. Misalnya, dengan menonton film atau mendengarkan podcast berbahasa Inggris.

Cara ini juga bisa melatih kamu untuk memiliki kemampuan listening atau mendengarkan yang baik. Dengan cara ini, kamu dapat belajar aksen, pronunciation, hingga menambah wawasan vocabulary baru.

Baca juga: Bantu Asah Skill Listening, Ini 5 Podcast Bahasa Inggris untuk IELTS

Rekomendasi film:

  • Toy Story
  • Harry Potter Series
  • The King’s Speech

Rekomendasi podcast:

  • IELTS Podcast - Ben Worthington
  • All You Need for IELTS Success - WeLoveIELTS
  • IELTS with Fiona - Fiona Wattam
  • Success with IELTS

4. Ikut bimbingan belajar IELTS

Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah persiapan sebelumnya, tetapi masih merasa bingung dan kesulitan, ada baiknya kamu mengikuti bimbingan belajar IELTS.

Dengan mengikuti bimbingan belajar ini, kamu bisa bertemu tutor yang profesional untuk membantu mempersiapkan IELTS dengan disesuaikan oleh kemampuan yang kamu miliki.

Nah, itu dia 4 tips untuk meraih skor IELTS di atas 7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com