Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2023, 20:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tes International English Language Testing System (IELTS) merupakan tes yang mengukur kemampuan bahasa inggris. Tes ini menjadi salah satu persyaratan wajib saat mendaftar beasiswa ke luar negeri, khususnya Australia, Inggris, Amerika Serikat serta Kanada.

Namun, masih banyak calon mahasiswa yang mendapatkan nilai IELTS rendah sehingga tidak memenuhi syarat untuk mendaftar. 

Berikut beberapa tips meningkatkan nilai IELTS :

Baca juga: 12 Beasiswa Luar Negeri S1-S3 Tanpa IELTS dan Wawancara

1. Memahami Bentuk Soal IELTS

Dalam ujian IELTS, terdapat ujian listening, reading, writing, dan speaking. Pada bagian listening dan reading, kamu diminta untuk menjawab dengan singkat misalnya cat atau book.

Bagian writing, pahami grammar dan tuliskan jawaban kamu dengan tepat sesuai dengan apa yang diminta dari soal. Perhatikan soal dengan baik. Kamu juga bisa memperkaya kosakata dengan sering membaca buku, artikel, atau menonton film berbahasa inggris. 

Bagian speaking, berikan penjelasan selengkap mungkin atas sebuah topik yang diberikan. Jangan lupa, harus menjawab dengan logis dan dapat dipahami.

2. Mengerjakan latihan

Sebelum ujian berlangsung, kamu dapat mengerjakan latihan-latihan soal IELTS dari buku atau mendownload dari internet. Coba kerjakan latihan soal dan pasang alarm. Dengan demikian, kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuan kamu dalam mengerjakan dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan.

Baca juga: Beasiswa Chevening 2024 Dibuka, Kuliah Gratis Tanpa Batas Usia dan LoA

Kemudian, evaluasi diri dengan mencocokan jawaban kamu dengan kunci jawaban yang ada. Tuliskan apa saja yang menjadi kelemahan kamu dan apa yang perlu diperbaiki.

Kamu dapat mengerjakan latihan secara rutin misalnya dalam satu minggu kamu dapat mengerjakan 2 latihan.

3. Berlatih Bicara

Dalam ujian IELTS, ada tes speaking maka kamu harus fasih dalam mengucapkan kata per kata dalam bahasa Inggris. Kamu dapat berlatih bicara sendiri di depan cermin, sambil melihat bagaimana ekspresi kamu saat menceritakan sebuah topik.

Dengan sering berlatih, akan mengurangi rasa gugup dan kamu menjadi lebih percaya diri. Kamu juga bisa berlatih dan mengajak teman untuk mendengarkan, lalu tanyakan kepadanya apa yang kurang dari speaking kamu.

4. Mengikuti kursus

Apabila kamu merasa sudah belajar secara mandiri dan belum menemukan formula belajar yang tepat. Kamu dapat mengikuti kursus yang khusus mempersiapkan pesertanya untuk menghadapi tes IELTS.

Demikian 4 tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi tes IELTS.

Baca juga: Cek Beasiswa Kuliah S1 Gratis ke MIT, Stanford, Harvard, Ini Infonya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com