Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Teknik Robotika Kerja Apa? Cek Jawabannya

Kompas.com - 03/11/2023, 07:57 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi akan makin berkembang di masa yang akan datang. Sehingga jurusan kuliah yang berkaitan dengan teknologi juga makin banyak dibutuhkan.

Jika kamu termasuk calon mahasiswa yang tertarik pada bidang robotik, Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga (Unair) bisa jadi pilihan.

Calon mahasiswa tapi juga bertanya-tanya, lulusan Teknik Robotika kerja apa setelah lulus? Informasi mengenai prospek kerja suatu jurusan kuliah juga perlu kamu ketahui agar punya gambaran pekerjaan yang akan dijalani setelah lulus.

Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair punya misi mempersiapkan lulusan yang mampu mengembangkan metode kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) pada aplikasi industri secara luas.

Baca juga: 20 Jurusan Paling Ketat UNS di SNBP 2023, Referensi Daftar 2024

Prospek kerja lulusan Teknik Robotika

Selain itu lulusan jurusan ini bisa mengembangkan penelitian baik dalam pengembangan metode dan implementasi kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi berorientasi pada aplikasi di dunia industri secara luas.

Serta membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama lembaga pemerintah dan industri pada bidang Robotika dan Otomasi serta bidang Kecerdasan Buatan.

Dilansir dari laman Unair, Kamis (2/11/2023) berikut prospek kerja lulusan Teknik Robotika.

Program Sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem otonom yang dapat diterapkan di berbagai bidang.

Mahasiswa yang terdaftar akan mempelajari ilmu-ilmu dasar (matematika dan fisika), ilmu komputer, mekatronik, elektronika, sistem kendali, sistem siber-fisik, desain robot, penerapan robotika, dan integrasi kecerdasan buatan dalam sistem robot.

Baca juga: Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa, Beri Uang Saku Rp 1,5 Juta Per Bulan

Mahasiswa yang memilih jurusan ini, setelah lulus akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.).

Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan menempuh studi 4 tahun (8 semester)

Berikut prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan:

1. Tenaga Ahli Robotika

2. Tenaga Ahli Kecerdasan Buatan

3. Ahli Otomasi Industri

4. Tenaga Ahli/Manajer/Supervisior

5. Konsultan

Baca juga: Cek Biaya Kuliah S2 dan S3 di Unesa 2023, UKT Mulai Rp 8 Juta

Demikian informasi mengenai prospek kerja lulusan Teknik Robotika yang perlu diketahui calon mahasiswa. Selain di Unair, ada beberapa kampus lain yang menyediakan Jurusan Teknik Robotika yakni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) hingga Politeknik Negeri Batam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com