Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah Prospek Kerja Luas, Ada Pilihanmu?

Kompas.com - 07/11/2023, 09:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah harus tepat dan sesuai dengan minat atau bakat. Selain itu juga bisa tahu prospek kerjanya nanti.

Apalagi di era yang serba canggih ini, calon mahasiswa mencari informasi dari mana saja. Termasuk info terkait jurusan kuliah prospek kerja luas.

Jika bisa gampang cari kerja, tentu dapat mengurangi tingkat pengangguran. Maka, calon mahasiswa harus paham beberapa hal.

Dilansir dari laman Universitas Stekom, ini beberapa jurusan kuliah dengan prospek kerja yang bagus.

Baca juga: Kamu Suka Menghitung? Cek 5 Jurusan Kuliah yang Cocok

Jurusan kuliah prospek kerja luas

1. Keuangan atau Akuntansi

Adapun Jurusan Keuangan atau Akuntansi memiliki prospek kerja yang baik. Setiap perusahaan membutuhkan ahli keuangan dan akuntansi untuk mengelola keuangan mereka.

Nantinya, lulusan jurusan ini dapat bekerja di perusahaan swasta, lembaga keuangan, perusahaan konsultan, atau menjadi akuntan independen.

2. Manajemen Bisnis

Piliah jurusan kuliah lainnya ialah Jurusan Manajemen Bisnis. Jurusan ini menawarkan pemahaman yang luas tentang aspek bisnis, manajemen, dan kepemimpinan.

Lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja di berbagai bidang industri, mulai dari perusahaan manufaktur, perusahaan ritel, hingga sektor jasa.

Selain itu, keahlian dalam manajemen dan strategi bisnis sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

3. Teknik Informatika atau Teknologi Informasi

Seiring perkembangan teknologi, Jurusan Teknik Informatika atau Teknologi Informasi sangat diminati. Permintaan akan tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang ini terus meningkat.

Lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas, baik di industri perangkat lunak, jasa IT, maupun perusahaan teknologi.

Baca juga: Cek Prospek Kerja Jurusan Teknik Metalurgi

4. Teknik Sipil atau Arsitektur

Sedang jurusan kuliah prospek kerja luas berikutnya ialah Teknik Sipil atau Arsitektur. Sebab, industri konstruksi terus berkembang seiring dengan pertumbuhan populasi dan perkembangan kota.

Hal ini menciptakan permintaan yang tinggi akan tenaga ahli di bidang Teknik Sipil dan Arsitektur. Lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas di perusahaan konstruksi, konsultan teknik, dan pemerintahan.

5. Kesehatan

Untuk Jurusan Kesehatan seperti kedokteran, keperawatan, farmasi, dan bidang terkait memiliki tingkat pengangguran yang rendah.

Sebab, dalam dunia yang semakin sadar akan kesehatan, permintaan terhadap tenaga medis terus meningkat.

Selain itu, profesi di bidang kesehatan menawarkan peluang kerja yang stabil dan memberikan dampak positif pada masyarakat.

Meski demikian, dalam mencari jurusan kuliah yang gampang cari kerja, penting untuk mempertimbangkan minat pribadi, potensi karir, dan kebutuhan pasar.

Jurusan-jurusan seperti Teknik Informatika, Keuangan, Manajemen Bisnis, Pendidikan, Kesehatan, dan Teknik Sipil atau Arsitektur menawarkan peluang kerja yang luas dan stabil.

Baca juga: 6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

Hanya saja, semua juga tergantung dari kemampuan kamu, pengalaman yang kamu bangun nanti serta bisa mengembangkan keterampilan saat kuliah nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com