Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Semangka Atasi Asam Urat dan Kolesterol Kata Ners UM Surabaya

Kompas.com - 11/11/2023, 17:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buah semangka sering menjadi buat favorit masyarakat apalagi kalau dikonsumsi saat cuaca panas.

Rasa manis, renyah, dan segar cukup membantu melepas dahaga apalagi di saat siang hari.

Ners Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Islam Syarifurrahman menjelaskan, selain memiliki rasa yang manis, menyegarkan, serta kandungan yang baik untuk tubuh, semangka memiliki manfaat bagi kesehatan.

Pertama, mengontrol tekanan darah. Buah semangka terdapat kandungan yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah seperti kalium, serat, air, vitamin C, vitamin B, Vitamin A (karetinoid), vitamin K, licopein serta asam amino sitrulin.

"Kalium pada semangka menyebabkan vasodilatasi mampu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengalir dengan lancar sehingga terjadi penurunan resistensi perifer," kata Islam dilansir dari laman UM Surabaya pada Sabtu, (11/11/2023).

Baca juga: 5 Manfaat Bagus Bermain Video Game buat Siswa

Kedua, menurunkan kolesterol. Bagi seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi dan suka makan cemilan manis, semangka dapat menjadi cemilan pengganti karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Serta lemak jenuh yang rendah, likopen kandungan tersebut memiliki sifat penurun lipid serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

Ketiga, menjaga kesehatan ginjal. Buah semangka memiliki kandungan kalium yang bermanfaat membersihkan zat racun pada ginjal.

Baca juga: Dosen UM Surabaya Jelaskan Efek Cuaca Panas bagi Lansia

"Manfaat lain juga dapat mengurangi kadar asam urat yang bisa menekan risiko pada pembentukan batu ginjal," tambahnya.

Keempat, menjaga kesehatan jantung. Kandungan potasium dalam semangka dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal, yang dapat mendukung kesehatan jantung.

Kelima, menjaga kesehatan mata. Buah semangka memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan likopen yang membantu menjaga kesehatan mata.

"Serta mampu mencegah risiko menurunnya pada kemampuan penglihatan akibat faktor usia," tambahnya lagi.

Terakhir, menjaga kesehatan pencernaan. Semangka mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com