Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

JIC dan ABIM Inisiasi Dialog Perdamaian untuk Pemuda di Kawasan ASEAN

Kompas.com - 21/11/2023, 17:12 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Jakarta Islamic Centre (JIC) bersama Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) sepakat untuk menginisiasi dialog perdamaian antar kelompok pemuda di kawasan ASEAN.
Komitmen tersebut tercetus pada acara Dialog Pemuda ASEAN yang digelar di kantor pusat ABIM di Taman Cemerlang Kuala Lumpur, Jumat (17/11/2023).

"Pemuda merupakan agen perubahan dunia yang dapat menciptakan aksi perdamaian dengan kreativitasnya bisa melalui seni, olahraga, termasuk dunia teknologi informasi (TI),” ujar Kepala Pelaksana Tugas JIC Didi Supendi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Didi mejelaskan bahwa kondisi dunia saat ini sedang banyak konflik, seperti di Ukraina dan Palestina. Maka dari itu, gerakan pemuda dibutuhkan.

“Pemuda tidak boleh diam melihat kondisi ini, harus ada inisiatif untuk mengambil peran," tegasnya.

Bersamaan dengan hal tersebut, Presiden ABIM Muhammad Faisal Abdul Aziz menyatakan apresiasinya atas kunjungan JIC untuk menghadiri dialog demi terciptanya perdamaian dunia.

"Umat Islam tidak pernah menjadi kubu ekstremis karena kami diajarkan untuk menjadi wasatiyyah (umat penengah), sehingga perdamaian itu adalah ciri umat Islam," jelasnya.

Ia menilai, dialog seperti yang diselenggarakan tersebut dapat dilanjutkan untuk memberikan dampak positif kepada dunia, terutama kawasan ASEAN.

“Dialog seperti ini boleh diperluas lagi ke negara ASEAN lainnya, seperti Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam," ujarnya berharap.

Hadir sebagai narasumber dalam dialog tersebut dosen dari Universitas Sultan Abidin Terengganu, Dr Hanif MD Lateh, perwakilan Pemuda Anshor Malaysia Hafziq, dan Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Luar Negeri Muslimat Dewan Da'wah Fitriah Abdul Azis.

Dalam kesempatan tersebut, Hanif Md Lateh memaparkan tentang bahaya pengaruh kelompok teroris yang sering memengaruhi kalangan muda untuk berpikir dan bersikap takfiri sehingga mudah disulut untuk bersikap menggunakan kekerasan.

Mewakili kaum muda perempuan, Fitriah Abdul Azis juga menekankan pentingnya bersikap kritis.

"Kita (kaum muda perempuan) jangan mudah menjadi proxy kelompok kepentingan yang ingin dunia ini terus berada dalam suasana konflik. Mereka akan selalu untung jika konflik terus terjadi, kita harus cerdas mencari solusi , seperti kasus di Palestina. Maka, harus ada tindakan diplomasi internasional yang canggih dan sistematis sehingga Israel bisa angkat kaki dari tanah jajahannya," jelasnya.

Ketua panitia sekligus ketua divisi pembinaan remaja/pemuda dan anak JIC, Fathi Ihsan menanggapi hal itu.

Ia merasa bahwa acara yang digagas oleh sub divisi pimpinananya cukup berhasil mendapatkan respons dari para pemuda, terutama di kawasan ASEAN. Ia berkomitmen untuk mengagendaakn program unggulan dari subdivisinya itu.

Hadir pula dalam acara tersebut pimpinan JIC, Kepala Divisi (Kadiv) Takmir dan Peribadatan HerlanIntanpura, Kadiv Infokom Mohammad Zein, Kasubdiv Dakwah Mastur Anwar, dan Kasubdiv Pelayanan Ummat Taufik Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com