Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri, Siswa Wajib Tahu

Kompas.com - 08/12/2023, 17:17 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa atau siswi kelas 12 SMA, SMK, dan MA akan mulai menghadapi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada awal 2024.

Maka dari itu, memilih perguruan tinggi negeri (PTN) yang tepat untuk melanjutkan kuliah harus dipikirkan dari sekarang.

PTN merupakan pilihan favorit bagi banyak siswa karena memiliki kualitas pendidikan yang baik, biaya yang terjangkau, dan reputasi yang tinggi.

Namun, tidak semua PTN cocok untuk setiap siswa. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih PTN yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan siswa.

Baca juga: Ikut SNPMB 2024, Ini 11 PTN Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2024

Dilansir dari lembaga bimbingan online, Zenius, berikut ini 6 cara yang dapat dilakukan untuk menentukan PTN yang sesuai untuk melanjutkan kuliah.

1. Tentukan bidang ilmu yang diminati

Terdapat banyak sekali bidang ilmu yang ada di perkuliahan. Ada baiknya kamu mengetahui dan menentukan bidang ilmu mana yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri, misalnya bidang ilmu hukum, politik, medis, dsbnya.

2. Tentukan program studi atau jurusan sesuai bidang keilmuan

Jurusan adalah bidang ilmu yang akan dipelajari selama kuliah. Jurusan yang diminati harus sesuai dengan minat, bakat, dan cita-cita.

Kamu dapat mencari informasi tentang jurusan yang ada dalam bidang ilmu yang kamu minati.

Contohnya bidang ilmu medis, memiliki beberapa jurusan yang sesuai seperti, Kedokteran, Farmasi, Gizi, Biomedis, dan lain-lain.

Baca juga: SNPMB 2024: Kenali 3 Jalur Masuk PTN, Syarat dan Jadwalnya

3. Mencari tahu PTN yang menawarkan jurusan yang dipilih

Langkah selanjutnya adalah coba cari tahu universitas-universitas negeri mana saja yang menawarkan jurusan yang kamu pilih.

Jika memungkinkan kamu dapat mencatat nama-nama PTN yang menyediakan program studi tersebut.

Selain itu, kamu bisa menggali lebih jauh tentang akreditasi PTN, fasilitas, hingga beasiswa apa yang disediakan untuk mematangkan pilihanmu.

4. Menentukan jalur masuk universitas negeri yang akan ditempuh

Hingga saat ini, terdapat 3 jalur masuk PTN. Mulai dari Seleksi Nasional Berdasarkan Seleksi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan ujian mandiri.

Ketiga jalur ini tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Cari tahu syarat dan ketentuan masing-masing jalur, lalu tentukan jalur yang paling sesuai dengan keahlian dan kesiapan diri untuk membantu kamu untuk fokus pada persiapan yang lebih matang.

Baca juga: Mau Lolos UTBK SNBT 2023, Ini Kisi-kisinya dari SNPMB

5. Lihat tingkat persaingan dan siapkan alternatif prodi yang diminati

Beberapa PTN memiliki tingkat persaingan yang besar akibat banyaknya peminat dibandingkan kuota yang disediakan. Tipsnya, carilah PTN yang peluang lolosnya bisa kamu capai.

Lalu, siapkan juga PTN alternatif dengan peluang lolos di bawah PTN impianmu dengan kualitas yang sama.

6. Optimalisasi peluang penerimaan pada setiap jalur seleksi

Dari ketiga jalur PTN yang telah disebutkan sebelumnya, kamu perlu mengoptimalkan peluang pada setiap jalur seleksi yang diikuti.

Baca juga: 4 Tips Belajar Efektif untuk Persiapkan SNBT, Pelajar Wajib Tahu

Mulailah dengan mempersiapkan dokumen dan persyaratan dengan baik, serta memahami pola soal yang umumnya muncul pada setiap jalur, untuk meningkatkan peluang kamu untuk lolos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com