Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan ala Dosen UM Surabaya

Kompas.com - 11/12/2023, 13:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Intensitas hujan di beberapa daerah di Indonesia belakangan ini sudah mulai tinggi. Saat musim hujan tiba, tubuh juga rentan terkena berbagai penyakit.

Kelembapan yang tinggi di musim hujan sering kali menjadi penyebab masalah kesehatan. Apalagi jika terjadi banjir sangat memungkinkan bakteri dan kuman berkembang biak lebih cepat.

Pelajar maupun mahasiswa tetap harus menjaga kesehatan di musim hujan seperti sekarang. Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Firman mengatakan, setidaknya ada 3 jenis penyakit yang paling sering muncul di musim hujan.

Pertama infeksi saluran pernafasan akibat virus influenza. Gejala yang timbul mulai dari ringan hingga berat, seperti flu, bersin-bersin, sakit tenggorokan, demam, sakit kepala hingga batuk.

"Virus ini menular melalui air liur atau droplet dari orang yang terinfeksi. Ketika sudah mulai muncul gejala bersin atau batuk, maka virus influenza akan terbawa percikan air liur dan droplet. Saat itulah bisa terjadi penularan, jika droplet terhirup atau terpapar pada orang lain," terang Firman seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Minggu (10/9/2023).

Baca juga: Benarkah Main HP Saat Hujan Bisa Tersambar Petir? Ini Penjelasan Pakar UMM

Penyakit yang muncul di musim hujan

Kedua penyakit demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Biasanya sering muncul di musim hujan, pemicunya adalah kondisi tempat-tempat berair dan lembab, menjadi sarang nyamuk yang sangat disukai sebagai tempat untuk berkembang biak.

Firman menerangNyamuk Aedes aegypti bisa menggigit berulang kali, pada saat nyamuk ini menggigit. Selanjutnya dia memasukkan air liur yang terdapat virus dengue ke dalam tubuh manusia. Maka disinilah proses infeksi dimulai hingga menyebabkan penyakit demam berdarah," imbuhnya.

Baca juga: Benarkah Main HP Saat Hujan Bisa Tersambar Petir? Ini Penjelasan Pakar UMM

Ketiga adalah diare. Diare merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan feses encer saat Buang Air Besar (BAB) lebih dari 3 kali dalam sehari. Sering disebabkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi kuman, bakteri maupun parasit.

Tips jaga tubuh tetap sehat di musim hujan

Agar tubuh tetap sehat di musim hujan, ada beberapa hal sangat penting dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Berikut 3 tips jaga kesehatan di musim hujan yang bisa diterapkan di rumah:

Pertama jaga kebersihan terutama sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Kedua menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami flu dan batuk.

Baca juga: Apakah Universitas Terbuka Bisa Pakai KIP Kuliah? Cek Jawabannya

Ketiga lakukan 3 M (Menguras, Menutup, Mendaur ulang dan Menabur bubuk abate).

"Terakhir konsumsi makanan bergizi buah dan sayur untuk menjaga sistem kekebalan tubuh," tutup Firman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com