Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal Lahir Persib Bandung Ganti 5 Januari karena Hasil Riset Unpad

Kompas.com - 19/12/2023, 16:29 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Sumber Unpad

KOMPAS.com - Tanggal lahir atau hari jadi klub sepak bola tim Persib Bandung kini berubah. Awalnya, hari lahir Persib jatuh pada 14 Maret 1933 (atau tahun ini berusia 90 tahun), namun saat ini berubah menjadi 5 Januari 1919.

Dengan begitu, pada tahun 2024 nanti, klub dengan julukan Maung Bandung itu akan merayakan ulang tahun ke-104.

Perubahan ini terjadi setelah adanya penelitian dari Tim Peneliti Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (Unpad) yang diketuai Prof. Kunto Sofianto. Tim peneliti merekomendasikan tanggal 5 Januari 1919 sebagai hari lahir Persib.

Baca juga: 5 PTN yang Terima Siswa SMK Masuk Jurusan Kedokteran 2024 

Selama kurang lebih enam bulan, tim melakukan pencarian data yang dinilai sulit dilakukan. Pasalnya, literatur data yang mendukung proses pencarian tanggal lahir tersebut sangat minim.

Prof. Kunto menjelaskan kalau riset ini awalnya muncul karena Persib sebelumnya bernama PSIB yang sudah ada pada 1930.

“Kenapa ini tahun 1930 sudah ada, tapi berdirinya tahun 1933? Ini yang kami telusuri,” kata Prof. Kunto, dilansir dari laman Unpad dalam acara Media Gathering: Pengukuhan Hari Jadi Persib yang digelar di Grha Persib, Kota Bandung, Minggu (17/12/2023).

Ketika melakukan penelitian, timnya mendapat restu dari manajemen PT. Persib Bandung Bermartabat untuk melakukan penelusuran. Tim kemudian menelusuri berbagai dokumen sejarah di Arsip Nasional RI maupun Perpustakaan Nasional RI. Di Perpusnas RI, tim menemukan mikro film arsip koran lama “Kaoem Moeda” yang dirujuk menjadi salah satu sumber penelitian.

Baca juga: 6 PTN yang Buka Jalur Khusus Anggota Pramuka, Ada IPB, UNJ, UNS

Prof. Kunto memaparkan, di Kaoem Moeda tim menemukan berita tertanggal 7 Januari 1919 yang mewartakan telah terjadi pembentukan Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung.

Kemudian, tim menemukan berita serupa tertanggal 30 Desember 1918 yang mewartakan bahwa nanti akan diadakan pembentukan pada 5 Januari 1919 dengan diadakan berbagai pertandingan pada 5, 7, dan 12 Januari 1919.

"Memang disebutkan koran tahun 1919 bahwa diadakan kesenian, dihadiri oleh 60 orang penting pada masa itu. Kemudian ada 13 perserikatan sepak bola,” jelasnya.

Dari dokumen tersebut juga disebutkan bahwa ketua pertama dari BIVB tersebut merupakan Soetan M. Djamil dan wakil ketua Soegeng.

Temuan ini memperkuat bahwa tanggal 5 Januari 1919 merupakan hari lahir dari BIVB atau PSIB atau cikal bakal dari klub Persib Bandung.

Kendati demikian, tim mencoba menelusuri lebih ke belakang. Namun, tidak ada data otentik yang ditemukan selain dari akta notaris pendirian Bandoengsche Voetbal Bond (BVB) pada 1914. Namun, data ini tidak menjadi rujukan atas hari jadi Persib, mengingat BVB merupakan klub sepak bola orang Belanda.

“Beruntungnya kami menemukan surat kabar Kaoem Moeda yang terbit di Bandung yang memang memberitakan sepak terjang kaum pribumi, termasuk di bidang olahraga. Selain itu juga dijelaskan bahwa pendirian tanggal 5 Januari 1919 itu adalah untuk membantu kepentingan sosial,” papar Prof. Kunto.

Adapun tim peneliti hari jadi Persib tersebut beranggotakan Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman Sunarya, M.A, Iqbal Reza Satria, S.H., M.I.P., dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA.

Sementara itu CEO PT. Persib Bandung Bermartabat Glen T. Sugita mengapresiasi temuan dari tim peneliti Unpad. Menurutnya, temuan ini menjawab pertanyaan yang selama ini muncul di benak manajemen, bobotoh, hingga pegiat literasi dari satu dekade terakhir mengenai kepastian hari lahir Persib.

“Ada tujuh klub yang membidangi lahirnya PSSI pada 1930. Ada enam klub lahir sebelum 1930, sementara Persib (selama ini) lahir 1933. Bagaimana mungkin ada klub yang belum lahir sudah membidangi PSSI?” kata Glen.

Baca juga: 15 SMA Negeri dan Swasta Terbaik di Tangerang, Acuan Daftar 2024

Kemudian manajemen mengusulkan untuk mulai merayakan hari jadi Persib pada 5 Januari 2024. Artinya, usia Persib bertambah menjadi 104 tahun.

“Kita setuju dengan Prof. Kunto dan tim bahwa cikal bakal Persib itu lahir pada 1919. Tapi bukan berarti kita lompat, karena memang sebelumnya keliru. Kita yakin tanggal ini tanggal yang tepat sesuai rekomendasi Prof. Kunto dan tim,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com