Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7.607 Mahasiswa Raih Beasiswa di ITB Sepanjang 2023

Kompas.com - 27/12/2023, 17:23 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 7.607 mahasiswa berhasil mendapatkan beasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB) di sepanjang tahun 2023.

Dilansir dari laman resmi ITB, beasiswa itu diberikan oleh 12 mitra beasiswa pemerintah dan 66 mitra beasiswa non pemerintah. Beasiswa pemerintah adalah bantuan pendidikan yang berasal dari pemerintah pusat maupun daerah.

Sementara, beasiswa nonpemerintah berasal dari organisasi swasta, lembaga, maupun perusahaan yang berkomitmen dalam bidang pendidikan.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2024, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Jika dirincikan, ada sebanyak 5.464 mahasiswa menerima beasiswa pemerintah dan 2.143 menerima nonpemerintah. Sehingga Totalnya menjadi 7.607 mahasiswa ITB yang menjadi penerima manfaat dari dua jenis beasiswa tersebut.

Salah satu mahasiswa penerima beasiswa di ITB adalah Hendrik Aziz Zulfikar yang berasal dari program studi (Prodi) Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) angkatan 2022.

Hendrik mendapatkan beasiswa dari program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan mendapatkan dua manfaat yakni pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan uang saku.

"Saya juga mendapatkan banyak manfaat lainnya, seperti pelatihan karakter atau leadership, yang bermanfaat bagi soft skill saya," kata Hendrik dilansir dari laman resmi ITB, Rabu (27/12/2023).

Baca juga: 45 Program Studi di ITB Terakreditasi Internasional, Apa Saja?

Hendrik mengatakan, ia memang berasal dari keluarga menengah ke bawah, meski demikian Hendrik tetap memiliki semangat kuliah salah satunya dengan cara mendapatkan beasiswa.

Hendrik pun berharap, dengan yang diterimanya, ia bisa terus berkontribusi dalam berbagai hal.

"Harapannya saya bisa terus meng-upgrade diri dan ke depannya bisa menyumbangkan peran sebagai mahasiswa, baik dalam bentuk ide, karya, dan yang paling penting dapat bermanfaat," ucap Hendrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com