Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsoed Kukuhkan 3 Profesor Bidang Ilmu Kesehatan dan Bioteknologi

Kompas.com - 27/12/2023, 21:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) mengukuhkan tiga orang profesor di bidang ilmu kesehatan dan bioteknologi pada Selasa (19/12/2023).

Tiga Profesor itu adalah Maria Dyah Nur Meinita sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Bioteknologi dan Biologi Laut, Budi Aji profesor dalam Bidang Ilmu Ekonomi Kesehatan dan, Fitranto Arjadi sebagai profesor Bidang Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis.

Masing-masing profesor itu telah menyampaikan orasi ilmiahnya seperti Prof Maria menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Belajar dari Kesederhanaan Makroalga Laut: Aplikasi Bioteknologi Biru (Blue Biotechnology) Makroalga Laut".

Baca juga: Beasiswa S1 ke Australia 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 733 Juta

Prof Budi Aji menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Universal Health Coverage: Menuju Pelayanan Kesehatan yang Berkeadilan". Sedangkan Prof Fitranto Arjadi menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Kekurangan Waktu Tidur: Ancaman Terhadap Kesuburan Pria".

Rektor Unsoed, Akhmad Sodiq mengatakan, profesor dan guru besar adalah jantung dari perguruan tinggi karena meracik ide dan gagasan, menghadirkannya dalam karya yang berdampak.

Profesor dan guru besar juga menginspirasi mahasiswa bertransformasi agar kelak menjadi lulusan yang mumpuni dan berdaya saing.

Akhmad juga menilai sebagai insan pendidik profesional sekaligus peneliti, maka keberadaan guru besar hakikatnya menjadi sumber pengembangan peradaban manusia.

Baca juga: Ariawan Gunadi Jadi Profesor Hukum Bisnis Termuda Indonesia, Beri Pesan bagi Generasi Muda

"Dalam konteks tersebut, maka alhamdulillah, ketiga profesor yang baru saja dikukuhkan pada adalah perwujudan dari harapan akan ilmu pengetahuan sebagai jalan menciptakan kebajikan dan keadaban manusia," kata Akhmad dilansir dari laman resmi Unsoed, Selasa (26/12/2023).

Sebagai informasi, Prof Maria Dyah Nur Meinita adalah guru besar ke-3 di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Sementara Prof Budi Aji adalah guru besar ke-6 pada Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Prof Fitranto Arjadi merupakan guru besar pertama di Fakultas Kedokteran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com