Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar UI: Tidur Cukup Dapat Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Kompas.com - 01/01/2024, 14:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menekankan pentingnya tidur cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan mental para remaja melalui program edukasi kesehatan khusus.

Program tersebut diselenggarakan bersama SMP Negeri 33 Depok yang diberi judul "Healthy Sleep dan Pencegahan Dini Penyakit Tidak Menular".

"Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan SMP Negeri 33 Depok dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya tidur berkualitas pada remaja," kata Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Keperawatan, Hening Pujasari dilansir dari laman resmi UI, Minggu (31/12/2023).

Baca juga: Perundungan di Sekolah, Akan sampai Kapan?

Hening bersama timnya kemudian menyampaikan materi tentang pentingnya tidur berkualitas bagi remaja, praktek napping, dan pencegahan penyakit tidak menular.

Mereka juga memberikan informasi mendalam tentang risiko penyakit kronis yang dapat timbul akibat kebiasaan tidur yang kurang serta memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada kegiatan ini, tim pun memberikan edukasi dan pemeriksaan terkait insomnia, gula darah, kolesterol, dan asam urat serta memberikan set alat cek kesehatan untuk SMP Negeri 33 Depok.

UI juga menunjuk keberadaan Duta Sehat yang terdiri dari siswa dan guru. Mereka akan berperan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Lalu melakukan mengedukasi masyarakat, terutama remaja, tentang pentingnya gaya hidup sehat, salah satunya adalah tidur dengan waktu yang cukup.

Baca juga: FSGI: 30 Kasus Perundungan Terjadi di Sekolah Sepanjang Tahun 2023

Inisiatif ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan umum sebagai langkah proaktif untuk membantu remaja memahami dampak negatif dari kurang tidur terhadap kesehatan mereka.

"Dengan melibatkan Duta Sehat yang sudah terbukti komitmennya, kami yakin pesan-pesan kesehatan ini akan lebih efektif sampai ke hati dan pikiran teman-teman sebaya mereka," ucap Hening.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com