Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Penting Kuliah Ekstensi D3 ke S1

Kompas.com - 29/01/2024, 10:09 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa yang sudah lulus D3, bisa melanjutkan kuliah ekstensi D3 ke program S1.

Saat kuliah, tentunya calon mahasiswa sudah mempertimbangkan untuk kuliah program D3 atau S1. Misal kamu ingin kuliah dengan durasi cepat dan biaya yang lebih terjangkau, kuliah D3 bisa jadi pilihan.

Tetapi setelah menyelesaikan studi D3, tidak ada salahnya kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dengan program ekstensi D3 ke S1.

Dengan melanjutkan pendidikan ke program S1, kamu bisa meningkatkan peluang kariermu. Dengan mengikuti kuliah ekstensi D3 ke S1, kamu juga bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih bagus ke depannya.

Baca juga: 10 Jurusan Unair yang Sepi Peminat tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan

Pentingnya kuliah ekstensi D3 ke S1

Untuk informasi, durasi kuliah ekstensi D3 ke S1 mengharuskanmu menempuh pembelajaran selama 1 hingga 2 tahun. Setelah lulus S1, kamu bisa meningkatkan jenjang kariermu.

Dilansir dari laman SMB Telkom University, Senin (29/1/2024) ada beberapa manfaat kamu kuliah ekstensi D3 ke S1. Berikut alasan penting kamu perlu kuliah ekstensi D3 ke S1.

1. Peningkatan kompetensi dan pengetahuan

Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bidang studi yang kamu minati.

Hal ini akan membantu kamu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih luas, yang bisa menjadi nilai tambah dalam dunia kerja.

2. Membuka peluang karier yang lebih luas

Memiliki gelar S1 sering kali menjadi syarat minimum untuk sejumlah pekerjaan yang dengan posisi lebih tinggi, sekaligus menjanjikan jenjang karier dengan lebih leluasa.

Dengan gelar S1, kamu akan memiliki akses ke berbagai peluang karier yang mungkin tidak tersedia untuk lulusan D3.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah Binus 2024 Kampus Bekasi

3. Mendukung peningkatan karier

Jika kamu ingin naik jabatan atau memperoleh posisi manajerial di masa depan, mengantongi gelar S1 dapat menjadi modal yang sangat berharga.

Selain memastikan bahwa kamu memenuhi persyaratan, gelar S1 juga menunjukkan bahwa kamu memang punya kemampuan untuk mengerjakan tugas yang lebih besar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com