Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan di Industri Kreatif

Kompas.com - 17/02/2024, 10:24 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa kelas 3 sekolah menengah atas (SMA) yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, perlu mempertimbangkan dengan matang pilihan jurusan kuliah.

Dalam mengambil keputusan memilih jurusan kuliah, selain harus berdasarkan keinginan dan kemampuan, kamu juga perlu mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus.

Dari banyaknya bidang dalam jurusan kuliah, ada salah satu bidang yang menarik dan diminati oleh banyak orang.

Bidang tersebut adalah bidang kreatif di mana prospek kerjanya sangat luas dan dibutuhkan di era digital ini. Bagi kamu yang suka menggambar, melakukan pengeditan, dan bekerja di lapangan maka jurusan dari bidang ini akan cocok untuk kamu.

Baca juga: Dosen UAD Beri Pendampingan Bahan Ajar Muatan Lokal bagi Guru SMA

Dilansir dari ican education, berikut lima jurusan di bidang industri kreatif yang dapat dipertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah.

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan yang mempelajari bagaimana caranya membuat pesan dalam bentuk visual di berbagai media. Jurusan ini akan memberikan pemahaman terkait apa saja prinsip-prinsip desain, bagaimana komunikasi visual dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti iklan layanan masyarakat, iklan komersial, promosi produk, presentasi produk dan branding.

Prospek kerjanya meliputi menjadi ilustrator, desain grafis, editor video, mobile creative design, dan visual desainer.

Baca juga: 9 Peluang Kerja Lulusan DKV, Apa Saja Itu?

2. Produksi Film dan Video

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari bagaimana proses pembuatan film dan video, tahapan-tahapan produksi, penulisan naskah, pemilihan lokasi, bagaimana teknik dan cara mengambil gambar. Mahasiswa juga akan diberikan keterampilan seperti melakukan pengeditan menggunakan adobe premiere, adobe after effect, dan final cut pro.

Jurusan ini juga dapat mengasah soft skill kamu dalam berkomunikasi dengan baik dan bekerjasama dengan tim. Prospek kerjanya adalah kameramen, produser, editor video.

3. Animasi

Jurusan yang mempelajari teknik dan proses pembuatan gambar serta video yang bergerak. Mahasiswa akan diberikan pengetahuan tentang ilustrasi, teknik pembuatan animasi 2D dan 3D, efek khusus, desain grafis, pembuatan karakter.

Prospek kerjanya meliputi animator, desainer, ilustrator, dan produser film-film animasi seperti pixar.

4. Ilustrasi Digital

Jurusan yang berfokus pengembangan keterampilan seni visual melalui penggunaan perangkat lunak dan teknologi digital. Mahasiswa akan mempelajari desain grafis, teknik ilustrasi, dan pembuatan karakter.

Mahasiswa juga akan diberikan pengajaran bagaimana cara menciptakan ilustrasi seperti buku, komik, packaging dari sebuah produk. Prospek kerjanya menjadi seniman, desainer grafis, dan ilustrator digital.

Baca juga: 17 Jenis Beasiswa LPDP 2024, Apa Saja yang Didapat Selain Kuliah Gratis?

5. Desain Interaktif

Mahasiswa akan mempelajari desain grafis, pemrograman, teknologi interaktif, dan software seperti javascript, CSS, dan HTML. Jurusan ini berfokus untuk mempelajari cara membuat desain digital untuk interaksi antara pengguna dan teknologi.

Prospek kerjanya meliputi pengembang aplikasi mobile, desainer interaktif, dan pengembang website.

Itulah 5 jurusan di bidang industri kreatif yang dapat menjadi pertimbangan untuk melanjutkan studi di jenjang perkuliahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com