Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Haru di Wisuda UGM, Orangtua Gantikan Anaknya yang Meninggal

Kompas.com - 22/02/2024, 07:26 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Ada cerita haru di upacara wisuda yang diadakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (21/2/2024).

Jono (73) dan Ngadinah (58) hadir untuk mewakilinya anak kesayangan mereka, Dewi Sekar Rumpaka yang telah berpulang pada 26 Januari silam.

Jono dan Ngadinah tidak bisa menahan airmata saat melangkah ke panggung sambil membawa pigura foto anak mereka yang merupakan mahasiswi S1 Kehutanan UGM.

Ijazah diserahkan langsung oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia didampingi Dekan Fakultas Kehutanan.

"Senang sekali, dan bangga yang memberi ijazahnya Bu Rektor sendiri. Anak saya kalau tahu pasti bahagia, ya biar dia tenang di sana," kata Ngadinah seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (22/2/2024).

Baca juga: Prama Jadi Guru Besar Termuda di UGM pada Usia 35 Tahun

Meninggal karena kecelakaan, Dewi raih IPK 3,86

Ngadinah mengungkapkan, anaknya Dewi mengalami kecelakaan dalam perjalanannya ke kampus untuk mengikuti sidang skripsi beberapa bulan sebelumnya.

Setelah kecelakaan, lanjut Ngadinah, Dewi sempat keluar masuk rumah sakit untuk mendapat perawatan hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir di RSUP dr. Sardjito.

Berkat prestasinya selama menjalani perkuliahan Dewi dinyatakan lulus dengan predikat cum laude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif sebesar 3,86.

Menurut orangtuanya, Dewi adalah sosok anak yang periang, jarang mengeluh, dan tekun dalam menuntut ilmu.

Bahkan ketika masih dalam masa pemulihan pasca-kecelakaan pun, ia tetap bersemangat untuk segera mengikuti pendadaran dan menunaikan tugasnya sebagai seorang mahasiswa.

Mata sang ibu pun berbinar-binar ketika menceritakan prestasi anak keduanya itu, yang konsisten mendapat peringkat pertama ketika masih duduk di bangku sekolah dan berhasil diterima kuliah di Fakultas Kehutanan UGM melalui jalur Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM).

Baca juga: 9 Jurusan di UGM dengan Daya Tampung Terbanyak Jalur SNBP 2024

Jadi kebanggaan orangtua

Tidak hanya menjadi kebanggaan orangtua, Dewi juga menjadi sosok yang berarti bagi kedua saudara dan orang-orang terdekatnya.

"Dia itu seperti matahari keluarga, kalau ada dia suasana rumah jadi hangat. Kehilangan separuh nyawa lah, rumah jadi sepi, jadi pada sedih," tutur Ngadinah.

Orangtua Dewi mengungkapkan rasa syukur mereka bahwa perjuangan sang anak selama menjalani perkuliahan pada akhirnya membuahkan gelar sarjana. Ngadinah mangaku, Dewi sempat mengungkapkan rencananya untuk segera bekerja setelah lulus.

Ia ingin mengumpulkan uang untuk membiayai studi adiknya dan membayar hutang orangtua. Setelah menunaikan janjinya tersebut. Dewi juga ingin melanjutkan studi di jenjang S2.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com