Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Prestasi Kerja A Junaedi Karso, Dosen Unismuh Makassar yang Rajin Ikut Sertifikasi dan Terbitkan Puluhan Buku

Kompas.com - 25/02/2024, 17:27 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com – Nama A Junaedi Karso bisa jadi belum begitu dikenal masyarakat. Namun di kalangan akademisi, Dr A junaedi Karso SH MH MSi adalah satu yang punya karier cemerlang dan beragam prestasi kerja beberapa tahun belakang.

Bagaimana tidak, dosen Ilmu Pemerintahan (IP) pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiah Makassar (Unismuh Makassar) tersebut sukses menerbitkan 25 buku bersertifikat hak kekayaan intelektual (HAKI) dengan judul berbeda.

Dalam empat tahun terakhir, puluhan karya tulis ilmiah juga ia terbitkan, baik itu jurnal nasional maupun internasional.

Sementara itu, ia juga masih rajin meng-upgrade pendidikan dan pelatihan, antara lain lewat My Dreams Future Procurement break Through di Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) pada 2020, dan juga Certificate Prourement Contract Legal Expert (CPCLE) di International Frederation of Procurememt Bar Association (IFPB) pada 2020.

Selain itu, pada 2020, ia juga sempat mengikuti Certificate Procurement in Perpetice ISO di Nevi Belanda, Implementasi System Thinking dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di LPKN, Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Tata Cara Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam Pengadaan Barang/Jasa di LPKN/Angkasa Pura/Surveyor Indonesia.

Deretan pelatihan dan sertifikasi

Tahun 2020 menjadi masa-masa produktif bagi A Junaedi Karso mengejar prestasi.

Kala itu, ia menjadi peserta Dinamika Blacklist dalam Pengadaan Barang/Jasa di LPKN, juga Diklat Menghadapi Audit & Resiko Hukum Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di LPKN.

Lalu, ia juga mengikuti pelatihan Pengadaan Barang/Jasa dari berbagai Perspektif di LPKN, serta Sistem Manajemen Mutu (Understanding and Implementing ISO 9001:2015) di LPKN.

Sertifikasi Kompetensi Assesor Pengadaan Barang/Jasa di LPKN, serta Sertifikasi Kompetensi Pendampingan KUKM di BNSP juga tak ketinggalan diambilnya.

Pendidikan dan pelatihan lain yang juga diikuti adalah Diklat Aspek-Aspek Perancangan Bangunan di LPKN, dan Diklat Persiapan & Pelaksanaan Pemilihan Jasa Konstruksi di LPKN.

Untuk mendukung akademiknya, ia juga mengikuti serangkaian pelatihan Memahami Ilmu Pengadaan & Peluang Mendapatkan Proyek Pemerintah (Pengadaan Barang & Jasa Pemerintah) di LPKN, dan Pengalaman Lapangan pada Pelaksanaan Pengadaan Jasa Konstruksi di LPKN.

Kemudian, Pengadaan Jasa Konstruksi Pasca Hadirnya Permen PUPR Nomor 14 Tahun 2020 dan SE Nomor 22 Tahun 2020 di LPKN, serta Persyaratan Pemilihan & Evaluasi Dokumen Penawaran Pengadaan Jasa Konstruksi sesuai dengan Permen PUPR Nomor 14 Tahun 2020 di LPKN.

Ia juga mengikuti Diklat Strategi Pengadaan Tahun 2021 & Penyelesaian Pekerjaan Akhir Tahun 2020 di LPKN, serta Diklat Pinjam Bendera dalam Pengadaan Perspektif Realita Lapangan & Ketentuan Per-UU di LPKN.

Kemudian, Pelatihan Pengadaan Barang & Jasa Sitem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) di LPKN.

Latar pendidikan

A Junaedi Karso telah berstatus sebagai dosen tetap di Yayasan Unismuh sejak 2012. Dia adalah satu dari lima dosen Ilmu Pemerintahan Unismuh yang diterima dari luar Makassar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com