Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ANAK DAN PENDIDIKAN

Siswi SMA BINUS SCHOOL Simprug Toreh Prestasi di Kompetisi The Harvard Crimson Essay 2024 di AS

Kompas.com - 22/04/2024, 16:07 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) BINUS SCHOOL Simprug, Alessandra Corine Torregoza Silapan, berhasil menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional.

Mengharumkan Merah Putih di mancanegara, Alessandra menyabet juara ke-2 Global Winners Kategori Kreatif dalam kompetisi bergengsi “The Harvard Crimson Essay 2024” di Amerika Serikat (AS).

Untuk diketahui, The Harvard Crimson Essay 2024 merupakan platform bagi kalangan muda yang duduk di bangku sekolah menengah yang ingin melatih keterampilan menulis. Lewat kompetisi ini, keterampilan mereka dalam menulis dapat terasah karena berkesempatan bersaing dengan siswa dari berbagai belahan dunia.

Kompetisi tersebut mendorong siswa untuk menantang diri mereka sendiri serta mengeksplorasi gaya menulis yang berbeda. Dengan begitu, kemampuan mereka menulis semakin tajam.

Baca juga: Ukir Prestasi di Yale, 11 Murid Berbakat BINUS SCHOOL Bekasi Bawa Pulang 11 Emas dan 18 Perak dari World Scholars Cup

Alessandra mengatakan, dalam kompetisi pada kategori kreatif, ia memilih narasi yang dibuat dengan cepat dari sudut pandang karakter yang melihat dunia dengan cara berbeda.

“Saya memilih prompt ini karena melihatnya sebagai peluang menarik untuk memanipulasi ruang dan waktu melalui sudut pandang karakter yang unik,” ujar Alessandra dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (19/4/2024).

Guna mengikuti kompetisi menulis tersebut, Alessandra melakukan sejumlah persiapan serta bertukar pikiran (brainstorming) dengan sejumlah pihak. Tak terkecuali, keluarga, teman, serta pengajar bahasa inggris di SMA BINUS SCHOOL Simprug.

Setidaknya dibutuhkan waktu yang cukup panjang selama beberapa hari untuk dapat menuangkan hasil temuan ide dan brainstorming ke dalam naskah.

Baca juga: Binus School Perkuat Prestasi di Berbagai Ajang Internasional

“Saya melakukan brainstorming dan drafting selama berhari-hari hingga akhirnya muncul sebuah ide yang terkesan gila bukan kepalang. Bagi saya, hal ‘gila’ (absurd) adalah salah satu pertanda baik munculnya ide (kreatif),” paparnya.

Oleh karena itu, lanjut Alessandra, ia menulis tentang karakter yang memiliki sintesa yang mampu menggunakan kemampuannya untuk mencoba menelusuri kembali langkahnya ke masa lalu.

Karakter yang dipilih Alessandra dikisahkan tengah memecahkan misteri pembunuhan hanya untuk mengetahui bahwa dia sudah tidak ada lagi.

“Cerita lengkap hasil karya saya bakal dipublikasikan di situs resmi Harvard Crimson,” kata Alessandra.

Baca juga: 15 Siswa SMA Binus School Simprug Berpartisipasi dalam Jurnal Ilmiah Internasional

Pada dasarnya, Alessandra yang berasal dari Filipina ini memiliki bakat luar biasa dalam bidang penulisan. Tak heran, Alessandra berhasil menempati posisi teratas sebagai juara kedua.

Hasil karya serta prestasi yang ditorehkan menunjukkan kompetensi serta ambisi besar dalam dirinya dalam bidang penulisan sehingga menjadi inspirasi bagi teman sejawatnya.

Keberhasilan Alessandra tidak hanya merupakan cerminan dari kemampuan bawaannya, tetapi juga berkat dukungan penuh oleh lingkungan, termasuk keluarga dan SMA BINUS SCHOOL Simprug.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com