Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEM UI Buka Layanan Uji Plagiarisme untuk Umum

Kompas.com - 28/05/2024, 17:51 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) membuka layanan uji plagiarisme yang terbuka untuk masyarakat umum.

Dikutip dari akun Instagram resmi BEM UI, uji plagiarisme diadakan untuk membantu mahasiswa atau masyarakat umum dalam memeriksa keaslian dokumen.

"Sebagai mahasiswa kita sering kali harus membuat berbagai karya tulis seperti esai, proposal kreativitas mahasiswa (PKM), dan dokumen-dokumen lainnya. Namun, dengan banyaknya referensi yang tersedia, keaslian dokumen yang kita buat sering kali dipertanyakan," demikian yang tertulis di akun Instagram @bemui_official dikutip Rabu (1/5/2024).

Baca juga: Mahasiswa, Ini Rekomendasi Situs untuk Cek Plagiarisme Tugas hingga Skripsi

BEM UI akan memeriksa keaslian dokumen menggunakan aplikasi berbayar bernama Turnitin, oleh karena itu pihak yang ingin memeriksa keaslian dokumen di BEM UI akan dikenakan biaya Rp 5.000 per dokumen.

Apabila berminat kamu bisa langsung melakukan pemesanan melalui laman bemui.link/CekPlagiarismeBEMUI dengan memperhatikan syarat berikut:

1. Dokumen yang dikirimkan harus dalam bentuk format word/pdf.

2. Hasil pengecekan dapat disesuaikan dengan ketentuan universitas/instansi.

3. Estimasi pengecekan akan dikirimkan sekitar 10-30 menit setelah pengisian formulir. Namun, jika lebih dari estimasi tersebut akan dikabarkan oleh narahubung.

4. Harga dan pengisian formulir uji plagiarisme hanya untuk satu dokumen. Jika lebih dari satu dokumen, kamu dapat melakukan pengisian formulir kembali.

5. Dokumen hasil pengecekan akan dikirimkan oleh narahubung ke salah satu kontak yang dimasukkan pembeli ke formulir uji plagiarisme.

Baca juga: Universitas Brawijaya Batalkan Kenaikan UKT 2024, Gunakan UKT 2023

 

6. Waktu operasional layanan uji plagiarisme adalah pukul 08.00-20.00 WIB.

7. Mohon melakukan pemesanan dalam kurun waktu operasional tersebut. Apabila pemesanan lewat dari waktu operasional, maka akan diproses pada hari berikutnya.

8. Pesanan akan diproses setelah melakukan pembayaran sesuai dengan nomor rekening yang tertera pada formulir.

9. Dengan mengisi formulir pemesanan, pembeli setuju untuk memenuhi syarat dan ketentuan di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com