Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIPI Gelar 'Metrology Challenge 2009'

Kompas.com - 20/05/2009, 16:35 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Peringati 'Hari Metrologi Dunia' yang jatuh hari ini (20/5), Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi, dan Metrologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit KIM-LIPI) menggelar 'Metrology Challenge! 2009'. Kompetisi metrologi ini diikuti oleh 23 sekolah di wilayah Jabodetabek.

Menurut Kepala Puslit KIM-LIPI Dr Husein Avicenna Akil, 'Metrology Challenge! 2009' merupakan ajang kompetisi bagi siswa-siswi SMA di bidang metrologi atau ilmu pengukuran. Dalam pendidikan tingkat SMA, bidang metrologi selama ini menyatu di dalam pelajaran fisika.

"Tujuannya untuk memasyarakatkan sejak dini akan pentingnya metrologi bagi kehidupan umat manusia, selain juga meningkatkan kerjasama dan komunikasi antara sekolah dan lembaga penelitian," ujar Husein, Rabu (20/5), di Puslit KIM, kawasan Puspiptek, Tangerang, Banten. "Kegiatan sekaligus untuk memeringati hari metrologi dunia yang jatuh setiap tanggal 20 Mei," tambahnya.

Metrology Challenge digelar pertama kali pada 2006 silam, yang diikuti oleh 17 sekolah dari wilayah Tangerang. Tahun ini, bertema 'Membentuk Generasi Muda Cerdas untuk Metrologi Indonesia', kompetisi tersebut diikuti oleh 23 SMA dari wilayah Jabodetabek.

Masing-masing sekolah mengirimkan satu tim yang terdiri dari tiga siswa-siswi. Kompetisi terdiri dari tes tulis untuk seluruh peserta. Kompetisi dilanjutkan kemudian dengan tes praktek oleh lima tim terbaik hasil tes tertulis tersebut. "Terdiri dari 40 soal dengan durasi 60 menit," kata Nur Cahyo Eka D, ketua panitia kegiatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com