Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMS Jawaban Memang Beredar Sebelum Ujian

Kompas.com - 05/06/2009, 20:32 WIB

NGAWI, KOMPAS.com — Pesan singkat (SMS) melalui telepon genggam berisi jawaban soal-soal ujian nasional beredar di telepon genggam milik sejumlah murid kelas tiga SMAN 2 Ngawi sebelum ujian nasional digelar. Namun, murid membantah jawaban ini mereka tiru.

Menurut Yudha Prasetya, murid kelas tiga IPS III SMAN 2 Ngawi, Jumat (5/6), selain berisi jawaban dari soal-soal ujian nasional, terdapat pula tulisan "Kalau belum benar, jangan ditiru!". Pesan singkat itu diterimanya dari temannya di SMAN 2 Ngawi.

"Selain saya, ada pula teman-teman lain yang dapat pesan singkat itu," kata Yudha. Sayangnya, pesan singkat ini telah dihapusnya.

Namun, Yudha membantah jawaban ini diikuti olehnya. Selain sumbernya tidak jelas, jumlah jawaban di pesan singkat itu tidak sesuai dengan jumlah soal yang ada. Sebagai contoh bahasa Inggris, jumlah soal ada 60 tetapi jawabannya hanya 50. Selain itu, saat dia mengecek jawaban di pesan singkat dengan soal, jawaban itu salah.

"Kami ini bukan murid yang bodoh, dikasih jawaban lalu langsung ditiru. Makanya kalau disebut pola jawaban kami sama semua itu sangat tidak mungkin," jelasnya.

Sebelumnya, salah satu murid kelas tiga di SMAN Wungu, Kabupaten Madiun, yang meminta namanya tidak disebutkan, juga mengaku mendapatkan tawaran jawaban melalui pesan singkat dari temannya. Namun sama seperti Yudha, dia tidak mau meniru jawaban tersebut.

SMAN 2 Ngawi dan SMAN Wungu termasuk di antara 33 sekolah di Indonesia yang harus melaksanakan ujian nasional ulang oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Alasan di balik pelaksanaan ujian nasional ulang ini adalah adanya pola jawaban sama pada lembar jawaban murid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com