Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madrasah Aliyah di Ende Luluskan Siswanya 100 Persen

Kompas.com - 15/06/2009, 19:00 WIB

ENDE, KOMPAS.com - Kejadian mengejutkan tahun ini dari 20 SMA/ Madrasah Aliyah di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur yang dapat meluluskan siswanya 100 persen hanya kalangan MA.

Ada 3 MA yang siswanya lulus 100 persen, yakni MA Negeri Ende (161 peserta), MA Swasta Pondok Pesantren Walisanga (7 peserta), dan MAS Iklas Anaraja (46 peserta).

Biasanya yang menjadi langganan sekolah unggulan di Ende yang mampu meluluskan siswanya hingga 100 persen adalah SMA Katolik Syuradikara. Namun tahun ini persentase kelulusan SMAK Syuradikara hanya 98,55 persen atau 204 peserta yang lulus, sedangkan yang tidak lulus 3 peserta ( 1,45 persen).

Sementara secara umum persentase kelulusan peserta UN SMA/ MA di Ende tahun ini meningkat sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dari jumlah 2.483 peserta yang mengikuti UN, persentase kelulusan mencapai 71,41 persen atau sebanyak 1.773 peserta yang lulus, sementara sebanyak 710 peserta tidak lulus (28,59 persen).

"Hasil kelulusan UN tahun ini lebih baik, ada peningkatan sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun 2008. Tahun lalu persentase kelulusan SMA hanya 61,79 persen," kata Kepala Seksi Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende Philipus Lama, Senin (15/6), di Ende.

Kejutan lainnya, terdapat 4 peserta UN SMA yang meraih nilai 10, yaitu Mira Setiawati, siswa SMA Negeri 1 Ende untuk Mata Pelajaran Bahasa Jerman, dan untuk Mata Pelajaran Kimia diraih oleh Hernia Rusfayeti, siswa SMAN 1 Ende, serta Marianus Tanjung Fangidae da n Arthur Suryadharma, siswa SMAK Syuradikara.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com