Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20.000 Sekolah Bakal Terhubung Schoolnet Indonesia

Kompas.com - 24/06/2009, 12:25 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — PT Telkom siapkan program Speedy Schoolnet untuk menggelar Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas) Zona Sekolah atau Schoolnet Indonesia yang menghubungkan 20.000 sekolah di seluruh Indonesia.

"Pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan sangat berperan meningkatkan pengetahuan bangsa ini. Semakin tinggi tingkat pengetahuan, kualitas SDM Indonesia kian meningkat," ujar Direktur Utama PT Telkom Rinaldi Firmansyah di sela pembukaan e-Indonesia Initiative Forum di Kampus ITB, Bandung, Rabu (24/6).

Rinaldi mengatakan, schoolnet Indonesia merupakan program yang dicanangkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dalam rangka menyediakan suatu jaringan informasi dan komunikasi di antara sekolah di seluruh Indonesia. Program tersebut merupakan produk layanan yang diberikan khusus pada komunitas sekolah yang terhubung dalam Jardiknas Zona Sekolah sebagai tambahan kemampuan layanan khusus dan syarat khusus mengakses privat network komunitas (intranet Jardiknas) di seluruh Indonesia.

Untuk program ini, kata Rinaldi, Telkom bekerja sama dengan Inkubator Industri dan Bisnis Institut Teknologi Bandung yang menyediakan konten pembelajaran untuk lingkungan sekolah yang diberi nama Indismart.

"Indismart telah dapat diakses melalui jaringan milik Telkom yang digelar sebagai backbone Schoolnet Indonesia," katanya.

Kehadiran Indismart, lajut Rinaldi, kian melengkapi Schoolnet Indonesia selain juga untuk memberikan nilai tambah kepada kalangan sekolah guna memaksimalkan penggunaan jaringan sesuai tujuannya. Indismart dipersiapkan sebagai konten pembelajaran yang dapat diakses secara online berisi materi pembelajaran tingkat SD, SMP, hingga SMA. Isi atau kontennya merupakan modul belajar siswa yang dapat menjelaskan secara visual dan tekstual agar siswa dapat mudah memahami konteks pelajaran yang dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com