Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Bingung, Ada Juga yang Beruntung...

Kompas.com - 22/07/2009, 14:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah banyaknya orangtua yang masih bingung dan mengeluh ihwal Sekolah Gratis yang tidak benar-benar gratis, ada juga orangtua murid yang mengaku beruntung.

IA (43), misalnya. Di matanya, sistem sekolah gratis saat ini kian membantu. "Dengan adanya sekolah gratis ini semakin meringankan beban saya," katanya, di halaman SD Pejaten Barat 10 Pagi, Jakarta, Rabu (22/7).

Menurut IA, SD yang sekarang menjadi tempat anaknya belajar merupakan SD negeri yang bebas biaya. Sejauh ini, biaya yang dia keluarkan hanya untuk membeli seragam.

"Biaya-biaya yang seharusnya buat bayar sekolah kini dapat saya tabung untuk masa depan anak saya," tuturnya.

Sampai ini, lanjut dia, memang tidak ada biaya apa pun untuk keperluan sekolah. Semua kebutuhan, terutama buku-buku, hanya dipinjamkan oleh sekolah. Uang gedung tidak ada, SPP rutin bulanan pun begitu.

"Hanya saja tiap minggu setiap orangtua murid wajib membayar kas sebesar Rp 2.000, kas diperlukan jika sewaktu-waktu ada keperluan mendadak untuk si anak," tuturnya.

Keberuntungan yang sama juga dialami oleh NK (39). Menurutnya, menyekolahkan anak sekarang ini dirasanya lebih ringan. NK mengakui tidak terlalu banyak biaya dibebankan kepada orangtua murid untuk keperluan sekolah anaknya di SD Pejaten Barat 09 Pagi.

"Tidak banyak mengeluarkan anggaran dan mutu pendidikannya juga sudah lumayan bagus, kami senang karena tak lagi dibebankan bermacam biaya," katanya.

Pun, hingga saat ini, NK mengaku belum ada rapat orangtua murid untuk membicarakan ihwal keuangan. Besar kemungkinan, kata dia, hal itu baru dilakukan bulan depan.

"Memang belum ada pemberitahuan resmi dari pihak sekolah, tapi berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sekolah tidak akan membebankan biaya yang memberatkan orangtua," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com