Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prestasi Siswa Akan Dapat Dipantau Lewat Internet

Kompas.com - 19/08/2009, 21:14 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 22 dinas pendidikan daerah di Jawa Barat menandatangani nota kesepahaman dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Dinas pendidikan tingkat kabupaten/kota dan provinsi itu akan menerapkan sistem informasi dan aplikasi pendidikan (SIAP).

General Manager Unit Enterprise III Telkom Azis Sidqy di Bandung, Rabu (19/8), mengatakan, program diharapkan sudah dilakukan sebelum akhir tahun 2009. Bila telah diterapkan, SIAP dapat digunakan orangtua, guru, maupun siswa. Orangtua bisa memantau prestasi anaknya melalui internet, guru memantau kurikulum nasional, dan siswa melihat nilai.

"Fungsinya untuk pelaporan. Guru juga bisa melihat kurikulum sekolah lain. Program sesuai komitmen Pemerintah Provinsi Jabar yang pro pendidikan," kata Azis. Di Jabar terdapat sekitar 33.000 sekolah. Sebanyak 2.252 sekolah sudah terakses dengan internet.

Sekolah-sekolah itulah yang potensial untuk diterapkan program SIAP. Diharapkan, semua sekolah tersebut dapat menggunakan SIAP namun realisasinya tergantung kepala sekolah terkait. Sekolah tidak memerlukan biaya karena Telkom meminjamkan fasilitas yang diperlukan.

Direktur Enterprise and Wholesale Telkom Arief Yahya mengatakan, aplikasi yang dikenal dengan Telkom SIAP Online itu dikembangkan sebagai solusi layanan di bidang pendidikan. Sistem itu juga dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan aplikasi pendukung proses pembelajaran dan pengelolaan data kependidikan untuk masyarakat dengan basis layanan teknologi informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com