Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kompetensi dengan Penggabungan Metode Perkuliahan

Kompas.com - 19/09/2009, 20:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Penggabungan metode perkuliahan seperti teori, metodologi, dan praktik dalam segala aktivitas pembelajaran yang menyeluruh, baik di kelas maupun luar kelas, akan meningkatkan kompetensi mahasiswa.
    
"Sehubungan dengan hal itu, dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa ilmu komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan Ikomtv," kata General Manager Ikomtv, Fajar Junaedi MSi, di Yogyakarta, Sabtu (19/9).
    
Ia mengatakan Ikomtv menggunakan format tv kabel yang disiarkan di lingkungan kampus UMY dengan target khalayak sasarannya adalah mahasiswa dan masyarakat yang tinggal di sekitar kampus UMY.
    
Acara yang disiarkan berisi kegiatan di UMY dan berbagai film, iklan, talk show karya mahasiswa dan dosen ilmu komunikasi UMY. "Sebagai media komunitas, Ikomtv nantinya juga dapat digunakan untuk menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah pada 2010," kata Junaedi yang juga dosen Departemen Ilmu Komunikasi UMY.
    
Menurut dia, Ikomtv merupakan sarana praktikum mahasiswa terutama mahasiswa Program Studi Broadcasting Ilmu Komunikasi UMY dan sebagai bentuk media latihan bagi mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja, sehingga mahasiswa diharapkan sudah memiliki kemampuan yang memadai di bidang penyiaran.
    
"Selain Ikomtv untuk peningkatan kompetensi mahasiswa, ilmu komunikasi UMY juga mengeluarkan Advikom. Advikom merupakan laboratorium nyata dari sebuah biro iklan dengan struktur dan kegiatan seperti biro iklan sesungguhnya," katanya.
    
Dengan demikian, mahasiswa periklanan Ilmu Komunikasi UMY memiliki kompetensi tinggi di bidang periklanan, karena sudah pernah beraktivitas dalam sebuah laboratorium biro iklan.
    
"Kegiatan Ikomtv dan Advikom diorganisasi oleh Ikom Enterprise, yang secara rutin akan mengadakan kegiatan seperti pelatihan untuk kru Ikomtv, Ikom radio, Ikom Digimagz, dan Advikom yang terdiri atas mahasiswa ilmu komunikasi," katanya.
    
Selain itu, juga diagendakan untuk mengikuti berbagai kompetisi dan festival di bidang komunikasi, sehingga kompetensinya semakin meningkat.
    
Ia mengatakan Ikom Enterprise mengorganisasi kegiatan mahasiswa yang diarahkan pada pembentukan karakter profesional, sehingga saat masih kuliah mahasiswa sudah memiliki perilaku profesional.
    
"Ketika mahasiswa telah lulus atau menyelesaikan kuliah, mereka akan memiliki kemampuan yang kompetitif, dan dapat bersaing dalam dunia global," katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com