Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... SMAN 1 Lamongan Berpeluang Jadi Sekolah Adiwiyata

Kompas.com - 14/10/2009, 14:54 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com -  SMA Negeri 1 Lamongan berpeluang menjadi Sekolah Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan, karena sekolah tersebut sudah mengadopsi pembelajaran lingkungan hidup dalam kurikulumnya.

Kepala Bidang Komunikasi Lingkungan Masyarakat Badan Lingkungan Hidup Jawa Timur Putu Arta Giri mengatakan, Program Adiwiyata tersebut berusaha untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

"Ada prinsip-prinsip dasar yang harus dipenuhi dalam Adiwiyata, yakni partisipatif dan berkelanjutan. Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperehensif," ujar Putu, saat berkunkung ke sekolah tersebut, Rabu (14/10).

Menurut Putu, kebijakan pendidikan lingkungan hidup (PLH) di sebuah Sekolah Adiwiyata harus ada dalam tataran nyata, bukan sekedar retorika. Dia mencontohkan kebijakan penghematan sumber saya alam (SDA).

"Yang ada itu harus bukan hanya kebijakan tertulis mengenai petunjuk rinci penghematan SDA di sekolah seperti listrik, air, dan alat tulis kantor (ATK), namun juga harus ada bukti fisik berupa SK Kepala Sekolah tentang penghematan tersebut," katanya.

Harus Partisipatif

Sekolah Adiwiyata juga harus memiliki kegiatan berbasis partisipatif, seperti kegiatan ekstrakulikuler dan kokulikuler yang mendukung pembelajaran lingkungan hidup. Kegiatan aksi lingkungan yang diprakarsai sekolah maupun pihak luar sekolah serta kegiatan kemitraan pihak sekolah dengan pihak luar juga menjadi poin pentingnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Lamongan Luluk Suprapti menambahkan, masih ada proses panjang yang harus dijalani untuk bisa menjadi Sekolah Adiwiyata, yaitu melalui seleksi tingkat provinsi sebelum bisa masuk seleksi nasional.

"SMAN 1 Lamongan berpotensi menjadi sekolah Adiwiyata yang salah satu syaratnya memiliki mata pelajaran yang mengadopsi Pendidikan Lingkungan Hidup. Jika Lamongan mampu meraih Sekolah Adiwiyata, itu akan menjadi pelengkap sempurna untuk Adipura yang telah diraih Lamongan selama tiga kali berturut-turut lalu," ujar Luluk, yang ikut mendampingi kunjungan Putu ke sekolah tersebut.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com