Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkulu Siapkan 3 Sekolah Siaga Bencana

Kompas.com - 23/11/2009, 18:24 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com — Sebanyak tiga sekolah di Kota Bengkulu, yakni SD Negeri 1, SMP Negeri 15, dan SMA Negeri 6, akan disiapkan menjadi sekolah siaga bencana untuk mengurangi risiko bencana di kalangan pelajar.

"Tiga sekolah ini dipilih karena posisinya dekat dengan wilayah pantai dan akan menjadi percontohan sekolah siaga bencana khususnya gempa bumi dan tsunami," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Yohanes Noor, Senin (23/11).

Noor mengatakan, ketiga sekolah ini akan dibina oleh tenaga pendamping selama satu tahun dengan dana Rp 1 miliar. Dana tersebut merupakan dana hibah dari organisasi PBB, "United Nation Development Program" (UNDP). Adapun kegiatan yang dilakukan, antara lain, penyesuaian bangunan sekolah dengan potensi bencana.

"Misalnya tangga atau pintu kelas yang terlalu kecil akan dibesarkan, kemudian penetapan lokasi evakuasi dan sistem penyelamatan diri saat bencana terjadi," katanya.

Selain tiga sekolah ini, sejumlah sekolah lain di sekitarnya juga akan dilibatkan sehingga terbentuk forum sekolah siaga bencana. Selain program BPBD, sekolah siaga bencana juga dilakukan oleh PMI Bengkulu bekerja sama dengan German Red Cross (GRC).

Ketua PMI Provinsi Bengkulu AS Alwie mengatakan, program sekolah siaga bencana dilakukan bersama dengan program pengembangan organisasi PMI untuk meningkatkan kapasitas respons dan manajemen bencana.

"Ada 10 sekolah di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Kabupaten Mukomuko yang akan dijadikan sebagai sekolah siaga bencana," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com