Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unair Meraih ISO 9001:2008, IWA 2:2007 dan Malcolm Baldrige

Kompas.com - 04/12/2009, 21:12 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang lolos mendapatkan tiga sertifikasi sekaligus yakni ISO 9001:2008, IWA 2:2007, dan Malcolm Baldrige.

"Prestasi itu dicapai melalui proses yang cukup panjang, karena itu tiga sertifikasi itu merupakan kado terbaik untuk Lustrum XI," kata Wakil Rektor (Warek) I Unair, Prof. Dr. H. Moch. Zainuddin, Apt, di Surabaya, Jumat (4/12).

Menurut dia, audit ISO, IWA 2 dan Malcolm Baldrige itu dilakukan sebuah lembaga sertifikasi ternama yakni Bureau Veritas Certification.

"Mereka melakukan audit eksternal selama tiga hari mulai tanggal 2-4 Desember 2009 dengan ketua tim auditor dari Bureau Veritas yakni Yulius Untung, M.Eng," katanya.

Setelah diaudit sesuai standar mutu yang tertera dalam pasal-pasal ISO 9001:2008, IWA 2:2007 dan Malcolm Baldrige, Unair akhirnya dinyatakan layak dan berhak untuk mengantongi tiga sertifikasi itu.

Menurut Yulius Untung, ISO 9001:2008 dan IWA 2:2007 adalah standar yang dirujuk untuk institusi pendidikan, sedangkan Malcolm Baldrige adalah skore yang ditentukan dari pengukuran result kinerja atau performance sebuah institusi.

"Dalam National Quality Award Level, tingkatan kualitas sebuah institusi tidak hanya sekadar diukur dari tahapan ISO, namun juga meningkat ke tahap performance management dan juga business excellence," katanya.

Dalam pencapaian business excellence itu, Unair sebagai institusi pendidikan yang memiliki mutu terstandarisasi harus mampu memberikan layanan terbaik kepada stakeholder (pengguna layanan).

"Tak hanya sekadar proses pelaksanaan manajemen layanan itu, namun juga penilaian terhadap hasil kinerjanya. Kelebihan Unair dalam pengelolaan adalah adanya Airlangga Integrated Management Systems (AIMS) yang saya rasa baru satu-satunya di perguruan tinggi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com