Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Mahasiswa China Belajar Budaya Indonesia

Kompas.com - 26/08/2011, 09:21 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 14 mahasiswa Faculty of Asian Languages and Cultures Guangdong University of Foreign Studies, China, belajar bahasa dan budaya Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta. Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Nurfina Aznam mengatakan, para mahasiswa China ini akan diajar dosen pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang sudah memiliki kompetensi dan berpengalaman.

"Mereka akan belajar bahasa dan budaya Indonesia selama satu semester dengan model transfer kredit mulai 5 September 2011," kata Nurfina, Kamis (25/8/2011), di Yogyakarta.

"Belajar bahasa dan budaya Indonesia akan lebih efektif jika langsung bersentuhan dengan bahasa dan budaya yang dipelajari itu," lanjutnya.

Ia berharap, mahasiswa dari China tersebut diharapkan dapat belajar dengan baik dan dapat merasakan kenyamanan selama belajar di UNY. Selain itu, juga diharapkan hubungan antara UNY dan Guangdong University of Foreign Studies (Gdufs) tidak selesai hanya sampai pada pengiriman mahasiswa, tetapi juga dapat dikembangkan lebih luas melalui program-program yang lain.

"Hubungan kedua universitas itu ke depan diharapkan dapat dikembangkan melalui kerja sama pertukaran dosen dan penelitian," katanya.

Menurut dia, melalui pengembangan kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

"Kerja sama antara UNY dan Gdufs ke depan diharapkan dapat terjalin secara berkelanjutan dan mampu menghasilkan manfaat tidak hanya bagi sivitas akademika tetapi juga masyarakat secara luas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com