Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi X Akan Minta Penjelasan Rektor UI

Kompas.com - 05/09/2011, 11:54 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi X DPR akan meminta penjelasan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Somantri terkait pemberian gelar doktor kehormatan atau honoris causa (HC) kepada Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz al-Saud. Pemberian gelar itu memicu pro dan kontra karena UI dinilai tak bersimpati atas nasib tragis yang dialami sejumlah TKI di negara tersebut.

"Kami akan rapat dengar pendapat sama rektor UI soal ini. Kami akan mendengar penjelasannya," kata Ketua Komisi X DPR Mahyudin ketika dihubungi pada Senin (5/9/2011).

Mahyudin mengatakan, jadwal rapat dengar pendapat dengan Gumilar akan dibahas dalam rapat pimpinan komisi pada Selasa. Komisi X, katanya, akan menyoroti apakah pemberian gelar HC itu sudah sesuai dengan prosedur atau tidak.

"Biasanya pemberian gelar itu kan dikaji oleh dewan atau bidang tersendiri yang memutuskan. Saya kira nanti kita lihat bagaimana keputusan dari dewan guru besar atau senat," katanya.

Mahyudin mengatakan, jika pemberian gelar HC itu tidak memenuhi syarat dan cacat prosedur, gelar HC itu seharusnya bisa dicabut.

Seperti diberitakan, pemberian gelar itu dikecam dari internal ataupun eksternal UI. Pasalnya, Arab Saudi dinilai memiliki catatan buruk dalam hal perlindungan hak asasi manusia, terutama kepada tenaga kerja asal Indonesia. Kasus terbaru adalah tewasnya Ernawati akibat disiksa. Selain itu, saat ini 26 TKI terancam hukuman mati di Arab Saudi. Dari seluruh TKI yang tewas, 32 persen terjadi di Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com