Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Terganggu dengan Kegaduhan di UI

Kompas.com - 05/09/2011, 20:38 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Dosen di Universitas Indonesia merasa terganggu dengan kegaduhan yang belakangan terjadi mengenai penganugerahan gelar doktor honoris causa. Gelar doktor yang diberikan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri ke Raja Arab Saudi Abdullah Abdul Azis Al Saud memicu polemik internal dan eksternal kampus.

Wujud dari polemik ini paling baru terlihat dari acara halal bi halal yang digelar dua pihak berseberangan pada waktu yang hampir bersamaan di kampus UI di Depok, Senin (6/9/2011). Rektorat menggelar acara halal bi halal di Gedung Rektorat UI Lantai 2. Sementara pada hari yang sama, terdapat halal bi halal di Kampus Fakultas Ekonomi UI.

"Sebagian besar hadir pada acara halal bi halal di rektorat. Hanya tiga dekan yang tidak datang. Kami menganggap hal ini wajar, ibaratnya dalam satu keluarga ada anak yang berbeda dari yang lain," kata Devie Rahmawati, Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI, Senin kepada Kompas.

Mereka yang tidak hadir di acara rektor antara lain Dekan Fakultas Kedokteran Ratna Sitompul, Dekan Fakultas Ekonomi Firmanzah, dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer T Basarudin.

Pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI Andrinof Chaniago mengatakan polemik mengenai gelar doktor tidak membuatnya nyaman. Polemik ini membuka garis perbedaan antara yang pro dan kontra. Andrinof menyarankan agar persoalan ini dapat segera diselesaikan secara internal.

"Kalau persoalannya gelar doktor, maka harus dijelaskan mengapa hal ini bisa terjadi. Rektor harus membuka komunikasi sejelas-jelasnya mengapa gelar tersebut jatuh pada Raja Arab Saudi. Saya kira masih ada yang lebih pantas mendapatkan gelar itu," kata Andrinof

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com