Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Bangun Kerja Sama dengan Universitas Asia

Kompas.com - 20/09/2011, 21:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia yang terus berupaya mewujudkan sebagai universitas berkelas dunia, membangun jaringan serta kerja sama yang erat dengan sejumlah universitas di Asia.

Baru-baru ini Universitas Indonesia (UI)  menjadi tuan rumah penyelengaraan konferensi internasional pimpinan perguruan tinggi Asia atau Conference of Asian University Presidents (CAPs) yang kedelapan.

 

Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, Selasa (20/9/2011), mengatakan, partisipasi UI dalam ajang internasional merupakan salah satu bentuk komitmen dalam mewujudkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Selain itu, komitmen UI sebagai kampus hijau diharapkan dapat menjadi contoh bagi universitas di Indonesia dan Asia.

 

Konferensi yang diselenggrakan UI di Jakarta tersebut dihadiri 26 rektor dan perwakilan universitas dari Cina, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Indonesia diwakili oleh UI, Insititut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada.

 

Dalam kesemptan tersebut Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri mempresentasikan tentang kampus hijau. UI memprakarsai perankingan kampus-kampus di dunia, dengan memperhitungkan aspek lingkungan hidup atau predikat kampus hijau.

 

Vishnu menjelaskan, konferensi internasional ini membahas berbagai topik besar yaitu sistem perankingan untuk universitas di Asia, teknologi infoemasi, kampus hijau, tanggung jawab sosial intelektual, dan perubahan demografi di universitas.

 

CAPs pertama kali diremikan pada Desember 2000 di Universitas Kyushu, Jepang.

Melalui konferensi ini, jelas Vishnu, para pimpinan universitas se-Asia dapat membangun dan mengembangkan hubungan kerja yang profesional, saling percaya dan mewujudkan terciptanya internasionalisasi pendidikan tinggi, kolaborasi penelitian antara para peneliti, universitas hingga pertukaran pelajar.

Selain itu konferensi ini dapat memberikan kontribusi pada kelancaran pelaksanaan pendidikan kolaboratif di Asia, dan interaksi individual antar universitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com