Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdiknas Luncurkan Gerakan Nasional Rehabilitasi Sekolah

Kompas.com - 26/09/2011, 15:32 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) meluncurkan program Gerakan Nasional Penuntasan Rehabilitasi Sekolah. Program ini dimaksudkan untuk menuntaskan persoalan kerusakan sekolah di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP).

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menjelaskan, dengan jumlah anggaran sekitar Rp 2,8 triliun, pada tahun 2011 ini, ditargetkan sebanyak 21.500 ruang belajar akan selesai diperbaiki. Jumlah tersebut masing-masing terbagi untuk tingkat SD sebanyak 18 ribu ruang kelas dan SMP sebanyak 3.500 ruang kelas.

"Ruang kelas yang mengalami rusak berat dan terdata saat ini sebanyak 153.026 ruang dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp 20,4 triliun. Kami akan menuntaskan rehabilitasi ini secara bertahap, baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," kata Nuh, Senin (26/9/2011) siang, di Gedung Kemdiknas, Jakarta.

Pada tahun 2011 ini, tambahnya, Kemdiknas baru akan merehabilitasi sebanyak 21.500 ruang kelas yang masuk dalam kategori rusak berat. Adapun sisanya sebanyak 131.526 ruang baru akan direhabilitasi pada tahun depan karena anggarannya masuk dalam APBN 2012.

"Kami berharap akan selesai pada akhir tahun 2012. Tentu setelah itu bukan berarti tidak ada lagi sekolah rusak, karena jumlah sebesar itu adalah sekolah yang mengalami rusak berat. Tentu saja sekolah yang saat ini masuk dalam kategori rusak ringan akan menjadi rusak berat jika tidak segera ditangani," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com