Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gumilar: Yang Berhak Memberhentikan Saya Hanya Menteri!

Kompas.com - 21/12/2011, 12:17 WIB
Indra Akuntono

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri menegaskan bahwa dia tak pernah mengundurkan diri dari jabatannya saat ini. Pernyataan ini menampik pandangan dan anggapan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia yang menyatakan bahwa Gumilar tak lagi menjabat sebagai rektor per hari ini, Rabu (21/12/2011).

Gumilar mengatakan, ia akan terus bekerja sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI). Pascalahirnya Peraturan Pemerintah (PP) 66/2011, kata Gumilar, hanya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang berwenang memberhentikannya.

"Saya berdiri di sini sebagai rektor, banyak dinyatakan bahwa Rektor UI mengundurkan diri. Saya rasa itu tidak benar. Saya tidak pernah mengundurkan diri," kata Gumilar saat ditemui Kompas.com, sesaat setelah membuka acara bedah buku Pioneers in Green Science di Balairung Terapung, UI, Depok, Jawa Barat, Rabu.

Gumilar mengatakan, polemik mengenai posisinya berawal ketika Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) mengirimkan surat kepadanya untuk menanyakan apa tujuan dirinya menyebarluaskan legal opinion dari Ketua Muda Mahkamah Agung yang menyatakan bahwa MWA sudah tidak lagi memiliki kewenangan. Dalam surat tersebut, MWA secara tegas menyatakan jika hingga 17 Desember 2011 belum ada penjelasan, maka Rektor UI dinyatakan memutus hubungan perdata, yang kemudian diartikan oleh MWA sebagai keputusan untuk mengundurkan diri.

Beberapa hari lalu, menurut Gumilar, ia menulis surat untuk MWA. Dalam surat itu, ia kembali menyebutkan bahwa pascaterbitnya PP 66/2011, maka MWA dan Senat Akademik Universitas (SAU) sudah tidak memiliki kewenangan.

Ia memaparkan, dalam PP 66/2011 hanya disebutkan mengenai rektor, sedangkan MWA dan SAU sama sekali tidak tercantum. Terbitnya PP itulah yang kemudian diartikan Gumilar bahwa dirinya secara otomatis keluar dari MWA, dan menjadi pejabat publik yang berada di bawah menteri (Mendikbud).

Pada Selasa (20/12/2011), MWA kembali mengirimkan surat kepada Gumilar yang menyatakan ketidakpuasan MWA terhadap penjelasan Gumilar. Atas dasar itu, MWA menganggap Gumilar mengundurkan diri sebagai Rektor UI mulai hari ini.

"Saya diberi surat oleh MWA, yang menanyakan kenapa saya menyebarluaskan surat dari Ketua Muda MA. Sekarang yang berhak menggantikan hanyalah menteri. Semalam Pak Menteri menelepon bahwa saya tetap sebagai rektor, dan bisa terus melanjutkan tugas," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com