Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Mahasiswa Binus Jadi "Google Student Ambassador"

Kompas.com - 05/06/2012, 11:15 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak enam mahasiswa School of Computer Science, Universitas Bina Nusantara (Binus University) terpilih menjadi Google Student Ambassador wilayah Asia Tenggara. Keenam mahasiswa itu adalah Krishna Nugraha Anindita Ricky Adisaputra, Hengky Sucanda, Vivi Siska, Cassandra Liem, Rheza Aditya Pratama, serta Janet Valentina. 

Enam mahasiswa Binus tersebut meraih posisi bersama 30 mahasiswa lainnya dari Asia dan Asia Tenggara, seperti Singapura, Korea, Jepang, India, serta Cina. Dari hasil seleksi itu tercatat, Binus merupakan salah satu kampus yang memiliki Google Ambassador terbanyak.

Adapun program Google Student Ambassador merupakan program tahunan yang merekrut sejumlah mahasiswa pilihan dari sebuah perguruan tinggi untuk menjadi duta Google bagi kampus dan negaranya. Para duta itu nantinya mengemban beberapa kewajiban, antara lain membantu memahami produk dan program yang dicanangkan oleh Google, membuat kegiatan di masing-masing kampus, bertindak sebagai kontak dari untuk perguruan tinggi yang diwakili, serta membantu untuk lebih mengenal masing-masing perguruan tinggi.

"Selain melakukan beberapa kewajiban, mereka ini akan berkesempatan mendapat pelatihan dalam berbagai bidang, seperti kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan tentunya kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan duta lainnya di seluruh dunia," kata Michael Yoseph, Deputy Head of Computer Science School Binus Unioversity kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (5/6/2012).

Keuntungan lainnya, lanjut Michael, keenam mahasiswa tersebut juga memperoleh peluang melakukan magang atau kerja praktik di Google. Namun, lanjut dia, sebelum terpilih para kandidat duta tersebut harus mengikuti dua tahap seleksi. Seleksi tahap pertama dilakukan oleh pihak kampus, terdiri dari tiga tahapan, yaitu seleksi profil melalui nilai dan pengalaman, tes wawancara dan presentasi.

"Sekitar 100 mahasiswa mendaftar untuk mengikuti program ini dan kemudian dipilih menjadi 30 besar. Setelah terpilih 30 besar, peserta disaring lagi menjadi 10 besar. Mereka yang mengikuti tahap ini harus memberikan materi presentasi mengenai apa saja yang akan mereka lakukan nantinya apabila menjadi duta," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com