Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Manfaatkan Tempat Ibadah untuk Pembinaan PAUD"

Kompas.com - 27/09/2012, 07:12 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mendorong pemerintah untuk memanfaatkan tempat-tempat ibadah sebagai pusat pendidikan anak usia dini (PAUD). Menurut JK, langkah itu akan membuat meringankan beban pemerintah, salah satunya dalam hal memenuhi kebutuhan infrastruktur dan fasilitas PAUD.

"Manfaatkan tempat ibadah sehingga pembinaan PAUD menjadi lebih sejalan dan berguna untuk memperluas fasilitas," kata JK saat menemui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Jakarta, Rabu (26/9/2012) sore.

Ketua Dewan Masjid Indonesia ini menjelaskan, saat ini setidaknya ada sekitar 800.000 masjid. Hasilnya akan sangat luar biasa apabila dimanfaatkan untuk penyelenggaraan PAUD.

"Jika dimanfaatkan 10 persennya saja sudah ada 80.000 lembaga PAUD baru. Itu mengapa Pak Menteri menyambut baik usulan ini," ungkapnya.

JK menambahkan, usulan ini sebenarnya sudah dijalankan di beberapa daerah, misalnya Jawa Barat. Akan tetapi, ia ingin meningkatkan skalanya agar menjadi gerakan nasional.

"Kita gerakkan supaya dilakukan daerah lain karena fasilitas PAUD cukup ringan, pelaksanaannya fleksibel, dan rata-rata tempat ibadah itu selalu sepi di pagi hari," pungkasnya.

Mendikbud Mohammad Nuh menyambut baik usulan JK. Nuh mengungkapkan, kementerian berencana untuk merealisasikannya pada 2013 mendatang.

"Ini baik, paling telat kita lakukan di tengah 2013 untuk mengejar APK 75 persen PAUD di 2015," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com