Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikapi Berikan Penghargaan Buku Terbaik

Kompas.com - 17/11/2012, 11:34 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ikatan Penerbit Indonesia memberikan penghargaan bagi buku terbaik dan media massa yang mendukung budaya minat baca. Penghargaan ini sebagai dukungan Ikapi untuk menumbuhkan gairah masyarakat mengembangkan karya literasi yang baik.

Penyerahan Ikapi Award dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan Indonesia Book Fair ke-32, Sabtu (17/11/2012), di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. Hadir dalam pembukaan, Menkokesra Agung Laksono, Kepala Pepustakaan Nasional Sri Sularsih, dan Wakil Presiden Frankfurt Book Fair Claudia Kaiser.

Sekretaris Umum Ikapi Pusat Husni Syawie mengatakan, tahun ini Ikapi menyerahkan penghargaan Ikapi Award untuk dua kategori, yakni book of the year dan best supporting media for reading habit. Ikapi Award untuk kategori book of the year diberikan untuk buku berjudul Chairul Tanjung Si Anak Singkong yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas. Penghargaan diserahkan kepada penulis, Tjahja Gunawan Diredja, yang juga wartawan Kompas.

Menurut Husni, penilaian book of the year meliputi mutu dan popularitas. Buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong dinilai memberi inspirasi. Belum sampai setahun, penjualan sudah mencapai 120.000 kopi. Penghargaan kategori kedua untuk media massa yang mendukung promosi budaya baca diberikan pada Media Indonesia.Sejak tahun 2000, salah satu harian nasional ini menyediakan rubrik Jendela untuk resensi buku, diskusi buku, ataupun berita-berita terkait perbukuan. 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com